Daun Mint – Pengobatan Alternatif

DokterSehat.Com – Daun mint mempunyai aroma wangi dan cita rasa dingin menyegarkan. Ada yang berbentuk lonjong dan ada yang berbentuk agak bulat. Aroma wangi dan semriwing daun mint disebabkan kandungan minyak asiri berupa minyak menthol. Daun ini mengandung vitamin c, provitamin A, fosfor, besi, kalsium dan potassium. Serat, klorofil dan fitonutrien juga banyak terkandung didalamdaun mint, daun mint dipercaya dapat memulihkan stamina tubuh, meredakan sakit kepala, mencagah demam, mempunyai sifat antioksidan pencegahan kanker dan menjaga kesehatan mata.

doktersehat-daun-mint-herbal-alternatif

Sinonim               : Menthe Piperita, dan Menthe Crispa
Familia                 : Menthe

Nama Daerah
Daun mint

Bagian yang Digunakan
Daun

Khasiat

  • Mengatasi ketombe
    Resep ini datang dari resort spa lake Austin, texas. Diamkan seminggu agar benar-benar keluar sarinya, lalu gunakan setelah keramas seperti menggunakan kondisioner. Mint akan meninggalkan sirkulasi di kulit kepala untuk mencegah ketombe, sementara cuka apelnya akan mengeringkan ketombe.
  • Penghilang sakit perut
    Kram perut bisa diatasi dengan segelas mint panas (tambahkan satu sendok teh daun mint segar kedalam air panas). Mint membantu otot pencernaan untuk rileks dan mengatasi keram, demikian menurut walt coyle, MD, gastroenterology director di scripps medical center, la jolla, California.
  • Penghilang rasa lapar
    Menurut sebuah studi yang dilangsungkan di wheeling Jesuit university, west Virginia, mereka yang menghirup minyak esensial mint setiap 2 jam, berkurang konsumsi kalorinya hingga 23 persen ketimbang mereka yang tidak. Siapkan mintatau permen mint untuk membantu mengatasi rasa lapar. Namun, batasi komsumsi permenya.

Cara Pemakaiannya
Banyak orang bingung mengolah daun mint. Sebagian orang menganggap daun mint hanya sebatas sebagian hiasan kue, pudding atau minuman. Padahal minum ini bisa diolah menjadi beragam masakan, seperti sebagai bumbu seafood, campuran salad,cmapuran jus, camputan teh atau tumisan.

Baca Juga:  Implan Payudara Ternyata Bisa Meningkatkan Resiko Terkena Kanker Langka

Mint adalah tanaman popular yang banyak mengandung manfaat. Aroma dan rasa mint yang digabungkan dengan bahan lainnya membuat tumbuhan ini digunakan sebagai produk kecantikan, pasta gigi, permen karet, sampo dan lainnya. Sebagian produsen pasta gigi telah banyak menggunakan aroma peppermint sebagai rasa yang alami.
Pepermint juga digunakan untuk merawat gigi karena kandungan antiseptiknya dapat melindungi gigi dari mikroba dan kuman. Rajin mengkomsumsi pepermint akan membuat mulut tetap sehat dan nafas menjadi segar.

Peppermint juga bisa menghilangkan stress. Secangkir teh mint bisa membuat pikiran menjadi tenang. Selain itu, mint juga bisa menghilangkan racun yang ada dalam tubuh karena mint bersifat diuretic dan anti mikroba. Mencampurkan the mint ke dalam air mandi bisa menghilangkan kelelahan. Campuran dua tetes minyak mint dan dua ons air yang di satukan ke dalam sebuah botol dapat anda gunakan sebagai kondisioner dengan cara menyemprotkannya pada rambut.

Komposisi
Daun menthe crispa mengandung saponin, flavonoida, polifenol dan minyak atsiri.

Sumber: Buku Tanaman Obat Nusantara (Herlina Widyaningrum & Tim Solusi Alternatif)