Takjil Super Nikmat Ekstra Sehat, Ini Pilihannya!

doktersehat-takijl-nikmat-sehat
Photo Credit: Flickr.com/Kris Cali

DokterSehat.Com– Sudah menentukan apa menu takjil untuk buka puasa pertama hari ini? Memilih menu takjil untuk berbuka puasa, apalagi buka puasa pertama, memang selalu menarik ya. Namun jika asal pilih, atau hanya mengikuti keinginan saat lapar mata saja, bisa-bisa menu takjil yang Anda pilih justru jadi tidak sehat, lho.

Lalu, bagaiamana sih cara memilih takjil yang sehat?

Para pakar kesehatan menganjurkan bahwa menu takjil yang baik dipilih adalah makanan yang manis alami. Hal ini boleh diperoleh dari manis yang bisa diperoleh dari buah, misalnya buah yang rasanya manis atau kurma.

Hal ini akan membuat kita memperoleh asupan gizi yang baik berupa gula alami, vitamin, mineral hingga cairan yang tepat.

Sehingga olahan takjil sehat tentu saja adalah takjil yang berasal dari bua-buahan ya. Ini dia beberapa pilihan menu takjil buka puasa yang super nikmat dan ekstra sehat:

1. Jus atau smoothies buah

Takjil selalu khas dengan berbagai minuman yang lezat ya. Ketimbang Anda memilih minuman manis dari sirup, olahan minuman dari buah alami seperti jus atau smoothies buah merupakan pilihan makanan yang super sehat untuk takjil.

Pilih buah yang manis seperti melon, pepaya, pisang atau jambu merah. Jangan lupa pastikan buah sudah benar-benar matang agar manisnya maksimal, sehingga Anda tidak perlu lagi menambahkan gula atau pemanis alami lainnnya.

Usahakan menggunakan bagian kulit buah jika kulit buah lazim dimakan agar kandungan seratnya tetap tinggi. pilihdan jangan menggunakan tambahan rasa asam dari buah lain misalnya jeruk nipis, jeruk atau kiwi ya.

2. Salad buah atau buah potong segar

Minum air putih dan dilanjutkan dengan konsumsi salad buah segar nan dingin saat buka puasa tentu nikmat digunakan sebagai sajian takjil, ya. Sama seperti jus, pilihlah buah yang manis dan benar-benar matang untuk digunakan sebagai bahan salad buah.

Pilihlah dressing buah yang sehat yaitu mayones rendah lemak atau parutan keju rendah lemak. Hindari menambahkan bahan tambahan manis lainnya misalnya susu kental manis pada sajian takjil salad buah Anda, ya.

3. Puding buah

Pilihan menarik nan sehat untuk takjil selanjutnya adalah puding buah. Anda bisa membuat puding dari jus atau sari buah maupun menambahkan potongan buah segar dalam puding ya. Keduanya sama-sama menarik dan tetap sehat.

Selalu pilih buah yang manis ketimbang buah asam untuk puding ya. Perhatikan agar puding yang Anda buat tidak menggunakan terlalu banyak gula, puding dengan rasa alami dari buah akan tetap enak ketimbang puding yang manis, ‘kan?

Selain itu buatlah vla puding dari olahan bahan yang tidak mengandung gula pula,puding buah dengan saus dari jahe atau bubuk kayu manis tentu tetap cocok untuk takjil puding Anda, ya.

4. Es buah alami

Jika biasanya es buah kerap mendapatkan tambahan sirup atau susu kental manis. Maka kini buatlah dalam versi lebih sehatnya.

Gunakan buah manis yang telah masak sempurna, potong-potong buah menjadi kecil untuk isian buah dan sisakah sebagian untuk membuat sari buah. Sari buah ini bisa Anda gunakan sebagai gula alami pada es buah untuk dicampurkan dengan air es agar.

Alternatif lain yang bisa Anda lakukan adalah menambahkan madu sebanyak ½ hingga 1 sendok makan untuk satu porsi atau satu gelas es buah. Meskipun tidak terlalu dianjurkan namun madu memiliki antioksidan yang tidak ada pada pemanis lainnya.

Nah, kini Anda tidak perlu bingung lagi ‘kan menentukan pilihan takjil nikmat super sehat untuk buka puasa nanti?

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik