Tak Sengaja Menelan Air Kolam Saat Berenang, Bocah Ini Terkena Pneumonia

Lacey-Grace-menelan-air-kolam-renang-pneumonia-doktersehat
Photo Source: Facebook Lacey Grace

DokterSehat.Com– Berhati-hatilah jika mengajak anak kecil berenang. Tak hanya berisiko mengalami tenggelam, bisa saja anak menelan air terlalu banyak dan mengalami gangguan kesehatan. Hal inilah yang terjadi pada bocah berusia 4 tahun bernama Elianna Grace.

Photo Credit: Facebook/ Lacey Grace

Dilansir dari New York Post, Elianna harus dilarikan ke rumah sakit karena mengalami gejala seperti muntah-muntah dan demam dua hari setelah menelan air kolam renang yang ada di rumah neneknya. Saat itu, ada orang yang memercikkan air secara tidak sengaja pada wajah Elianna sehingga membuat air ini langsung masuk ke tenggorokannya.

Sang ibu, Lacey Grace awalnya berpikir jika hal ini bukanlah masalah kesehatan yang serius mengingat banyak anak-anak lain yang juga mengalami demam setelah berenang. Namun, karena demam ini tak kunjung mereda dan anaknya bahkan mulai mengalami muntah-muntah dengan parah, Ia pun memeriksakan kondisi kesehatannya ke rumah sakit Sarasota Memorial Hospital.

Setelah memeriksa kondisi sang anak, dokter pun mendiagnosis Elianna terkena pneumonia. Tak hanya mendapatkan bantuan oksigen agar bisa membuatnya lebih mudah bernapas, Elianna juga harus mengonsumsi antibiotik secara rutin demi membunuh berbagai bakteri yang berasal dari air kolam renang yang bersemayam dalam paru-parunya.

Kini, Elianna masih dalam proses pemulihan namun sudah diperbolehkan pulang ke rumah. Kondisinya juga sudah jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Lacey pun meminta setiap orang tua untuk berhati-hati saat membawa anaknya berenang. Jika sampai mereka mengeluhkan tidak enak badan karena menelan air kolam renang, jangan ragu untuk memeriksakan kondisinya ke dokter. Hal ini disebabkan oleh air kolam renang, apalagi kolam renang umum yang seringkali berada dalam kondisi kotor.