Tak Semua Snack Sehat Itu Baik

DokterSehat.Com – Untuk mendapatkan berat badan ideal, banyak orang yang berusaha untuk mengendalikan pola makannya agar lebih baik. Selain menjaga asupan makanan berat dengan kadar gizi yang seimbang, kini banyak orang yang juga sebisa mungkin mengkonsumsi snack yang dianggap sebagai snack yang sehat. Dengan mengkonsumsi snack sehat, kita bisa meminimalisir berbagai zat yang kurang baik bagi kesehatan, khususnya lemak atau kolesterol. Sayangnya, banyak dari kita yang hanya terjebak dengan label snack sehat tanpa benar-benar mengecek apakah kandungan dari snack ini memang baik atau tidak. Berikut adalah beberapa snack sehat yang ternyata tidak cukup sehat untuk kita konsumsi.

doktersehat-gula-manis-cokelat-food-craving

Salah satu bahan makanan yang dikenal luas sangat baik bagi program diet adalah kentang. Makanan yang mengenyangkan ini dianggap sebagai pengganti nasi yang cukup baik bagi kita yang ingin menurunkan berat badan. Sayangnya, jika kentang adalah makanan yang sehat, maka keripik kentang justru adalah kebalikannya. Banyak produk keripik kentang yang justru kaya akan lemak, garam, dan juga gula. Tercatat, setidaknya dalam 25 gram keripik kentang akan ditemui 0,4 gram gula, 0,3 gram garam, dan juga 8,4 gram lemak. Persentase ini tentu sangatlah tinggi bukan? Jangan mudah percaya dengan label keripik kentang panggang karena ternyata masih belum cukup sehat untuk dikonsumsi.

Buah pisang adalah salah satu buah yang dianggap sangat baik bagi saluran pencernaan. Namun, jika pisang ini telah berubah menjadi roti pisang, maka kandungan gizinya justru akan kurang baik bagi tubuh. Di dalam roti pisang ukuran sedang sendiri ternyata memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi, yakni 275 kalori! Selain roti pisang, snack energy bar yang banyak dijual di pasaran mengklaim dirinya sebagai snack sehat yang bisa dikonsumsi sebagai pengganjal lapar. Sayangnya, snack energy bar ini justru kaya akan kandungan lemak dan garam. Bahkan, ditemukan kandungan 450 kalori dari sebuah snack energi bar yang berukuran sedang.

Baca Juga:  Awas, Bahaya Kesehatan Jika Memiliki Keinginan Berlebihan Untuk Memakan Sesuatu

Snack sehat terakhir yang ternyata kurang sehat adalah buah kering. Buah kering jelas sangat berbeda dengan buah asli yang menyehatkan. Setidaknya, kandungan kalori buah kering setara dengan 1/3 kalori yang bisa kita temui dari keripik kentang. Bahkan, banyak buah kering yang memakai bahan pengawet berupa minyak dan gula yang bisa memberikan lemak tak jenuh sangat tinggi yang tentu akan kurang sehat bagi kesehatan tubuh.