Tak Selamanya Menonton Televisi Buruk Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com– Pakar kesehatan sudah berkali-kali berkata bahwa duduk terlalu lama untuk menonton televisi bisa berimbas buruk bagi kesehatan. Karena kita tidak bergerak dalam waktu yang lama, maka kita pun akan meningkatkan resiko terkena masalah kesehatan yang serius layaknya obesitas, penyakit jantung, diabetes, atau bahkan stroke. Dengan adanya fakta ini, apakah hal ini berarti kita sebaiknya tidak lagi lama-lama menikmati acara televisi?



Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh Xfinity menghasilkan sebuah fakta yang sangat berbeda tentang menonton televisi. Penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam laman fitnessmagazine.com ini menghasilkan fakta bahwa menonton televisi ternyata bisa memberikan manfaat sehat, khususnya bagi mereka yang sudah menikah.

Dalam penelitian ini, diketahui bahwa dua pertiga pasangan yang kerap menonton acara televisi bersama ternyata akan memiliki hubungan yang lebih kuat. Jika mereka berdua setidaknya menghabiskan waktu untuk menonton televisi lebih dari 5 jam dalam seminggu, ada kecenderungan bahwa mereka lebih sering berpelukan dan hal ini bisa berimbas positif bagi kesehatan tubuh.

Saat bersama menonton televisi, tubuh pasangan akan memproduksi hormon dopamin yang bsa membuat keduanya merasa jauh lebih tenang dan bahagia. Selain itu, tubuh juga akan memproduksi hormon oksitosin yang bisa menurunkan tekanan darah, stress, dan juga rasa cemas. Hal ini ternyata bisa berimbas positif pada menurunnya resiko terkena penyakit jantung sekaligus memperbaiki kualitas hubungan pasangan.

Dengan hubungan yang lebih berbahagia, maka sistem kekebalan tubuh pun bisa semakin kuat. Hal ini akan membuat tubuh menjadi lebih bugar sekaligus membuat panjang umur. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita kerap menonton acara televisi bersama dengan pasangan agar bisa menjadi lebih sehat.