Tak Pernah Lagi Bermimpi Saat Tidur Tanda Adanya Penyakit?

DokterSehat.Com– Salah satu masalah kesehatan yang kerap terjadi pada masyarakat modern adalah susah tidur atau kurang tidur. Meskipun terlihat sepele, kurang tidur ternyata bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan karena bisa menyebabkan masalah hipertensi, diabetes, gangguan jantung, dan penyakit lainnya. Namun, sebuah pertanyaan pun muncul, bagaimana jika kita cenderung jarang atau tak pernah lagi bisa bermimpi saat tidur, apakah ini juga termasuk tanda bahaya bagi kesehatan?

doktersehat-tidur-wanita-ruangan-dingin-jantung

Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa banyak orang yang tidak menyadari jika dirinya sudah tidak lagi bermimpi saat tidur. Para peneliti pun menduga jika hal ini berkaitan dengan depresi atau seseorang yang tidak bisa lagi tidur hingga ke tahapan rapid eye movement (REM), salah satu tahapan tidur yang membuat kita bisa bermimpi.

Rubin Naiman, asisten professor yang berasal dari University of Arizona menyebutkan bahwa kurang tidur membuat kita semakin jarang bermimpi. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup sehingga semua tahapan yang bisa membuat seseorang tidur lebih dalam dan akhirnya mendapatkan mimpi pun tidak akan terjadi.

Menurut Naiman, jika kita cenderung tidak lagi bermimpi atau jarang mendapatkannya, ada baiknya kita mulai memperhatikan kembali kebiasaan tidur kita dalam beberapa waktu terakhir. Jika kita ternyata memang cenderung kurang tidur, ada baiknya kita menata kembali kebiasaan tidur kita agar tidur dengan cukup setiap malamnya.

Bagi sebagian orang yang mengalami depresi atau masalah kejiwaan lainnya sehingga mengalami susah tidur atau insomnia, ada baiknya mereka segera memeriksakan kondisi kesehatan jiwa mereka agar bisa kembali menikmati kehidupan sekaligus menurunkan resiko terkena berbagai penyakit berbahaya.