Tak Pernah Berolahraga? Siap-Siap Mengalami Masalah Kesehatan Berikut

DokterSehat.Com – Meskipun semua orang menyadari betapa pentingnya berolahraga bagi kesehatan tubuh, dalam realitanya, tidak banyak orang yang benar-benar melakukannya. Padatnya kesibukan sehari-hari kerap kali menjadi alasan utama kita tidak memiliki waktu untuk berolahraga. Pakar kesehatan menyebutkan jika sebagian masyarakat urban bahkan sama sekali tidak pernah berolahraga dan berpikir jika asalkan mereka telah menerapkan pola makan yang sehat, maka mereka akan menjadi lebih sehat. Padahal, jika kita sama sekali tidak berolahraga, kita akan mengalami beberapa masalah kesehatan seperti sebagai berikut.

doktersehat-olahraga-jogging-lari-exercise-malam-hari

Gangguan Pada Organ Kardiovaskular
Pakar kesehatan menyebutkan jika resiko kesehatan pertama yang akan kita dapatkan adalah gangguan pada organ kardiovaskular layaknya pembuluh darah hingga jantung. Padahal, jika kita mau menyempatkan diri melakukan olahraga sederhana layaknya berlari atau naik turun tangga, kita sudah akan lebih baik dalam menjaga kesehatan organ kardivaskular.

Disfungsi Seksual
Banyak orang yang berpikir jika hanya pria yang akan mengalami masalah seksualitas jika tidak pernah berolahraga sama sekali. Padahal, kamu wanita juga akan mengalami masalah yang sama. Tanpa pernah melakukan olahraga, tentu stamina kita akan menurun drastis menginga otot-otot pada tubuh sama sekali tidak terlatih. Tak hanya soal fungsi seksual, jika kita sama sekali tidak pernah berolahraga, kita juga akan kehilangan kebugaran. Untuk mensiasatinya, latihan fisik layaknya bersepeda beberapa kali dalam seminggu bisa membuat kita lebih bugar dan berstamina.

Stress
Salah satu manfaat melakukan olahraga adalah menjaga pikiran kita dari stress dan depresi. Sebuah penelitian dari Princeton University bahkan menyebutkan jika olahraga memiliki kemampuan unik sehingga kita akan lebih baik dalam mengendalikan stress dan menghilangkan rasa cemas berlebihan.

Baca Juga:  Perhiasan Emas Dapat Mengganggu Kesehatan

Masalah Tidur
Pakar kesehatan menyebutkan jika olahraga berpengaruh besar pada kualitas tidu seseorang. Jika kita berolahraga setidaknya 150 menit setiap minggunya, maka kita pun akan lebih mudah untuk terlelap jika dibandingkan dengan mereka yang tak pernah berolahraga.