Tak Perlu Minum Obat, Lakukan Hal Ini Jika Ingin Mengatasi Flu

DokterSehat.Com– Meskipun termasuk dalam penyakit yang ringan, dalam realitanya flu bisa sangat mengganggu aktifitas sehari-hari kita. Banyak dari mereka yang menderita flu akhirnya mengalami penurunan nafsu makan, penurunan semangat, atau rasa tidak nyaman untuk melakukan berbagai kegiatan. Beruntung, kini ada cukup banyak obat yang bisa kita konsumsi untuk mengatasi flu. Selain itu, ada beberapa cara lain yang bisa kita lakukan untuk mengatasi penyakit ini tanpa perlu mengkonsumsi obat. Apa sajakah cara tersebut?

doktersehat-influenza-sinus

Memperkuat daya tahan tubuh
Saat terkena flu, ada baiknya kita mengkonsumsi makanan yang sehat dan kaya nutrisi, khususnya yang kaya dengan kandungan vitamin C. Dengan memenuhi asupan vitamin C, maka kita pun bisa membuat daya tahan tubuh menjadi lebih kuat untuk melawan flu.

Memperbanyak asupan air putih
Saat flu, ada baiknya kita memastikan bahwa kita tidak akan mengalami dehidrasi. Pastikan untuk memenuhi asupan air putih minimal 8 gelas setiap hari. Konsumsi pula buah-buahan dan sayuran yang bisa membantu tubuh tidak terdehidrasi.

Minum susu
Banyak orang yang menghindari susu karena berpikir jika minuman ini bisa membuat produksi lendir di tenggorokan menjadi semakin banyak sehingga membuat kondisi badan menjadi tidak nyaman. Padahal, ada baiknya kita tetap mengkonsumsi susu agar daya tahan tubuh tetap dalam kondisi yang kuat. Jika perlu, tambahkan kunyit pada susu agar flu bisa segera reda.

Istirahat
Saat flu, ada baiknya kita memperbanyak waktu istirahat dan menghindari tidur di jam yang terlalu larut. Jika perlu, ambillah cuti agar tubuh bisa beristirahat dengan maksimal sehingga flu pun bisa cepat reda.

Mengurangi konsumsi gula
Ada baiknya kita tidak mengkonsumsi makanan atau minuman manis karena hal ini bisa membuat flu menjadi semakin parah. Perbanyaklah asupan air putih dan buah-buahan saat flu agar penyakit ini bisa reda.