Tak Perlu Menggunakan Tisu Pada Dudukan Toilet

DokterSehat.Com– Banyak orang yang cukup risih saat menggunakan toilet umum, khususnya yang berjenis toilet duduk. Logikanya, dudukan toilet ini tentu sudah diduduki oleh banyak orang sehingga kita tentu tidak ingin terkena berbagai macam bakteri, kuman, atau bahkan sumber penyakit lain dari orang lain. Cara untuk menghindari tersebut adalah dengan menempelkan tisu pada dudukan toilet sebelum kita gunakan. Meskipun bertujuan bagus, pakar kesehatan menyebutkan bahwa hal ini ternyata tidak perlu dilakukan.

doktersehat-toilet-wasir-kencing-berdarah

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa dudukan toilet ternyata sudah dirancang sedemikian rupa sehingga menjadi produk yang anti kuman. Jika kita cermati, bentuk dudukan toilet ini cenderung bulat dan melengkung dengan tekstur yang cukup halus. Bentuk dan tekstur ini diyakini mampu mencegah penyebaran atau penularan kuman dengan baik. Tak hanya itu, sebagian besar kuman yang ada di toilet ternyata tidak mampu berkembang biak sehingga andai kita duduk pada toilet, yang terjadi adalah kuman hanya akan menempel saja tanpa memberikan masalah kesehatan yang berarti. Hal ini berarti, kita tidak akan mengalami resiko untuk terkena penyakit andai duduk di toilet umum yang bisa saja sudah digunakan oleh banyak orang. Hanya saja, mengingat kita tidak tahu apakah toilet ini berada dalam kondisi kotor atau tidak, ada baiknya kita selalu menjaga kebersihan badan setelah buang air kecil atau buang air besar.

Yang cukup mengejutkan adalah, penggunaan tisu toilet sebagai pembatas antara kulit pantat kita dengan dudukan toilet justru bisa menjadi tempat dimana bakteri ini tinggal. Karena alasan inilah ada baiknya tisu tidak digunakan untuk menyeka wajah, hidung, atau bahkan bibir yang memungkinkan masuknya kuman berbagai penyakit.

Baca Juga:  Waduh, Toilet Duduk Ternyata Bisa Menularkan Penyakit Ini

Alih-alih repot dalam menggunakan tisu toilet, ada baiknya kita rajin membersihkan badan, khususnya mencuci tangan sebelum makan atau setelah menggunakan toilet agar terbebas dari berbagai kuman dan bakteri penyebab penyakit.