Tak Perlu Lama-Lama, Olahraga 20 Menit Juga Sudah Bermanfaat Bagi Kesehatan, Lho

DokterSehat.Com – Selain karena malas, alasan utama dari orang untuk tidak melakukan olahraga adalah tidak ada waktu. Dalam realitanya, kesibukan kehidupan sehari-hari memang bisa membuat banyak orang tidak memiliki waktu sama sekali untuk berolahraga. Padahal, jika kita mau menyempatkan waktu yang sebentar saja, yakni 20 menit untuk berolahraga, meskipun itu hanya olahraga ringan layaknya berjalan kaki sembari menuju ke tempat kerja atau sekolah, misalnya, maka kita akan mendapatkan manfaat kesehatan bagi tubuh, lho.

doktersehat-olahraga-sehat-20menit

Fakta ini dikemukakan oleh sebuah studi terbaru yang dikeluarkan oleh Cambridge University. Penelitian ini sendiri melibatkan sekitar 334 ribu partisipan. Dari para partisipan ini, diketahui bahwa mereka yang berolahraga setidaknya 20 menit setiap hari dengan cara berjalan kaki akan terhindari dari masalah kematian dini, khususnya bagi mereka yang dalam kondisi sehat dimana mereka bisa memperpanjang harapan hidup hingga 30 persen lebih besar. Sementara itu, mereka yang mengidap penyakit obesitas bisa melakukan olahraga 20 meint saja dengan rutin dan akan menurunkan resiko terkena kematian dini hingga 16 persen.

Pimpinan studi ini, Ulf Ekelund menyebutkan jika hasil penelitian ini memberikan harapan bagi mereka yang sebelumnya berpikir jika mereka akan sulit mendapatkan waktu olahraga karena harus menyediakan waktu setidaknya satu atau beberapa jam yang tentu akan sulit didapatkan bagi mereka yang sangat sibuk. Tak perlu olahraga yang berat, hal-hal sederhana layaknya bersepeda menuju tempat kerja, naik turun tangga, hingga berjalan kaki ke berbagai tempat selama waktu yang singkat sudah cukup memberikan dampak kesehatan bagi tubuh.

Ekelund juga menyarankan kita untuk kerap melakukan olahraga dengan waktu sebentar layaknya 20 menit namun rutin karena akan memberikan dampak kesehatan lebih baik jika dibandingkan dengan olahraga dalam waktu lama namun jarang dilakukan.