Tak Perlu Lama-Lama, 30 Menit Berjalan Kaki Setiap Hari Sudah Bisa Memberikan Manfaat Ini

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang malas untuk berolahraga karena menganggap aktifitas ini akan menghabiskan waktu dan melelahkan. Padahal, dalam realitanya, pakar kesehatan menyebutkan bahwa kita bisa melakukan olahraga sederhana seperti berjalan kaki. Tak perlu melakukannya lama-lama, cukup dengan 30 menit saja setiap hari, kita sudah bisa mendapatkan banyak sekali manfaat kesehatan.

doktersehat-jalan-kerja-sehat

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Alpa Patel yang berasal dari American Cancer Society, diketahui bahwa mereka yang berjalan kaki setidaknya 2 jam setiap pekan akan menurunkan resiko kematian dini hingga 20 persen. Hal ini disebabkan oleh adanya manfaat kesehatan yang didapatkan dari aktifitas ini seperti sebagai berikut.

Jantung yang semakin sehat
Dengan berjalan kaki secara rutin selama 30 menit setiap hari, maka kadar kolesterol dalam darah akan terkendali dan sirkulasi darah menjadi semakin lancar. Hal ini akan menyehatkan jantung dan pembuluh darah.

Mengendalikan tekanan darah
Berjalan kaki setidaknya 30 menit saja setiap hari sudah cukup untuk mengendalikan tekanan darah pada tubuh. Hal ini tentu akan mencegah masalah tekanan darah tinggi atau hipertensi, masalah kesehatan yang sangat banyak menyerang masyarakat tanah air.

Menjaga berat badan
Meskipun sederhana, berjalan kaki selama 30 menit saja sudah cukup untuk membantu membakar kalori dalam tubuh. Hal ini tentu akan membuat berat badan tetap terjaga dalam kondisi ideal.

Mencegah diabetes
Dengan rutin berjalan kaki setiap hari, maka kadar gula dalam darah akan lebih terkendali. Hal ini akan mencegah datangnya diabetes, salah satu penyakit paling mengerikan yang tidak bisa disembuhkan.

Dengan adanya berbagai manfaat kesehatan ini, tak perlu berpikir dua kali untuk melakukan olahraga yang sederhana ini. Cukup hanya dengan 30 menit melakukannya, manfaat kesehatannya bagi tubuh sudah sangat luar biasa.