Tak Perlu Ke Gym, Pekerjaan Rumah Juga Bisa Membakar Kalori Tubuh

DokterSehat.Com – Belakangan ini, berolahraga pada gym atau pusat kebugaran telah menjadi sebuah trend yang banyak dilakukan oleh masyarakat perkotaan. Alasan utama dari penggunaan pusat kebugaran adalah semakin minimnya tempat untuk berolahraga di pagi hari dan banyaknya polusi udara di luar ruangan. Selain itu, pusat kebugaran juga bisa menjadi tempat bersosialisasi yang baik bagi banyak orang sekaligus mendapatkan tips dan trik terbaik dari trainer. Sayangnya, banyak pusat kebugaran yang menetapkan xharga yang kurang ramah bagi kantong masyarakat menengah ke bawah sehingga ada kesan bahwa pusat kebugaran hanya bisa dimasuki oleh beberapa kalangan saja. Well, kita sebenarnya tidak perlu harus ke pusat kebugaran jika ingin menjaga kesehatan tubuh. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di rumah yang ternyata bisa membantu pembakaran kalori dalam tubuh.

doktersehat-pakaian-jemur

Tahukah anda, dengan melakukan banyak pekerjaan rumah, kita bisa setidaknya membakar 2.000 kalori dalam seminggu! Padahal, pekerjaan rumah layaknya mengepel lantai, mencuci baju atau piring, hingga sekadar menyapu adalah kegiatan yang hampir selalu kita lakukan setiap hari, bukan? Pakar kesehatan menyebutkan jika kegiatan mencuci baju untuk satu jam bisa membantu pembakaran kalori hingga 78 kalori atau setara dengan pembakaran kalori jika kita melakukan sit up sebanyak 100 kali. Sementara itu, jika kita merawat rumput di taman selama satu jam juga bisa membakar 325 kalori, jumlah yang sama jika kita melakukan latihan dengan intensitas tinggi di gym setidaknya 20 menit.

Contoh lain dari pekerjaan rumah yang bisa kita lakukan untuk membakar kalori adalah dengan berkebun. Meskipun terlihat sepele, mencabut rumput, menyiram tanaman, atau bahkan mencangkul tanah untuk menjaga kegemburan ternyata bisa membuat 213 kalori terbakar. Jumlah kalori ini diyakini seimbang dengan jika kita melakukan olahraga sepeda selama 45 menit!

Baca Juga:  Mengapa Siklus Menstruasi Bisa Meningkatkan Frekuensi BAB?

Kita tentu bisa membayangkan bukan jika kita banyak melakukan kegiatan rumah dengan senang hati. Selain rumah menjadi lebih bersih dan tertata rapi, kita juga bisa menjaga kesehatan tubuh dengan cara yang efektif, tanpa harus membuang banyak uang dan waktu untuk mendatangi pusat kebugaran.