Tak Ingin Terkena Stroke dan Serangan Jantung? Rajin-Rajinlah Makan Buah Ini

DokterSehat.Com– Stroke dan serangan jantung masih menjadi penyakit yang paling ditakuti masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, kedua penyakit ini sangatlah mematikan. Agar kita tidak terkena kedua penyakit berbahaya tersebut, ada baiknya kita mulai mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat seperti dengan mengatur pola makan dengan gizi seimbang, tidur yang cukup, rutin berolahraga, tidak merokok, menghindari stress, dan tidak melakukan kebiasaan buruk lainnya. Selain itu, sering-seringlah mengkonsumsi buah-buahan ini.

doktersehat-jantung-Prolaps-Katup-Mitral-Valve-Prolapse-mvp

Dalam sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh Dr. Paul Sanders yang berasal dari University of Alabama, Birmingham, Amerika Serikat, disebutkan bahwa mengkonsumsi buah pisang dan alpukat secara rutin bisa menurunkan resiko terkena stroke dan penyakit jantung dengan signifikan. Hal ini disebabkan oleh kandungan kalium dan potassium yang ada di kedua buah ini. Kandungan kalium bisa mencegah penyumbatan dan pengerasan pada pembuluh darah arteri, penyebab utama dari kedua penyakit mematikan tersebut.

Fakta ini didapatkan setelah peneliti menganalisa tikus percobaan yang beresiko terkena penyakit jantung setelah diberi asupan makanan yang tinggi lemak. Setelahnya, tikus-tikus ini diberi asupan potassium dengan kadar yang berbeda-beda. Tikus yang mendapatkan potassium dengan kadar rendah cenderung mengalami pengerasan arteri. Sebaliknya tikus yang mendapatkan asupan potassium tinggi ternyata hanya sedikit mengalami pengerasan arteri. Bahkan, pembuluh darah aortanya juga cenderung lebih fleksibel.

Dalam penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam Journal of Clinical Investigation Insight ini, diketahui bahwa jarang mengkonsumsi asupan potassium bisa mencegah ekspresi gen yang membuat arteri tetap fleksibel. Melihat adanya fakta ini, Dr. Sanders pun menyarankan kita untuk mengkonsumsi makanan atau suplemen yang kaya akan potassium dan kalium, termasuk buah pisang dan alpukat jika tidak ingin terkena serangan jantung atau stroke.