Tak Ingin Terkena Perlemakan Hati? Hindari Kebiasaan Ini

doktersehat-hati-atresia-bilia-kelainan-penyakit- saluran-empedu-hepatitis

DokterSehat.Com– Banyak orang yang tidak benar-benar menyadari tentang bahaya dari penyakit perlemakan hati. Padahal, menurut Public Health England, sebagian besar penderita penyakit hati cenderung meninggal sebelum usia pensiun. Sebenarnya, apa sih penyebab dari masalah perlemakan hati ini?

Dikutip dari Express, masalah perlemakan hati ini kerap kali terkait dengan masalah obesitas. Sebagai informasi, penyakit ini telah menjadi masalah kesehatan hati yang paling umum terjadi di negara-negara Barat dimana 30 persen dari total populasi diketahui sudah terkena penyakit ini.

Menurut National Health System (NHS), Sistem Kesehatan Nasional Inggris, mereka yang rentan terkena masalah perlemakan hati adalah yang terkena masalah obesitas atau kelebihan berat badan, khususnya yang berada di sekitar pinggang. Selain itu, mereka dengan usia lebih dari 50 tahun, memiliki masalah kolesterol dan tekanan darah tinggi, serta terkena diabetes tipe 2 juga dianggap lebih berisiko.

Demi mencegah datangnya masalah kesehatan ini, ada baiknya kita melakukan berbagai cara ini.

  1. Menurunkan berat badan

NHS berkata bahwa dengan menurunkan berat badan hingga 10 persen saja sudah mampu menurunkan risiko terkena berbagai jenis penyakit hati dengan signifikan.

  1. Mengonsumsi makanan sehat

Konsumsilah makanan-makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, serta protein dan karbohidrat sehat. Kurangi asupan lemak, gula, dan garam yang bisa memicu masalah kesehatan pada hati. Ada baiknya kita juga tak lagi mengonsumsi minuman beralkohol.

  1. Rajin berolahraga

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk rutin berolahraga setidaknya 150 menit dalam seminggu. Beberapa olahraga dengan intensitas moderat seperti berjalan kaki atau bersepeda sudah cukup untuk membantu mencegah datangnya penyakit perlemakan hati.

  1. Berhenti merokok

Kandungan di dalam rokok ternyata bisa meningkatkan risiko terkena penyakit perlemakan hati. Karena alasan inilah ada baiknya kita tak lagi melakukan kebiasaan buruk ini.

Sobat Sehat sayang dengan hatinya kan? Lakukan berbagai hal ini agar tidak mudah terkena perlemakan hati ya?

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik