Tak Ingin Terkena Penyakit Jantung? Rutinlah Melakukan Sauna

DokterSehat.Com – Sebuah penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan jantung Joel Khan MD, dari Detroit, Amerika Serikat, menyebutkan sebuah fakta menarik yang bisa membantu kita menurunkan resiko terkena penyakit jantung dengan signifikan. Cara tersebut adalah dengan melakukan sauna. Bagaimana cara sauna bisa mencegah penyakit jantung?

doktersehat-sauna

Joel sendiri diketahui mempelajari terapi penyakit jantung yang dilakukan oleh rekan-rekannya di Jepang. Di Negeri Matahari Terbit ini, sauna yang disebut sebagai Waon disebut-sebut bisa berpengaruh positif bagi penderita penyakit jantung. Waon sendiri berasal dari kata “wa” yang berarti ketenangan atau kehangatan. Sauna Waon ini sendiri bisa dilakukan oleh para penderita penyakit jantung dengan cara duduk di dalam sauna inframerah dengan suhu 60 derajat Celcius selama 15 menit. Setelah itu, para penderita penyakit jantung ini bersantai dan di luar sauna dengan tubuh yang sudah berbalut handuk.

Tak hanya membuat tubuh semakin hangat, Joel menyebutkan jika terapi sauna Waon ini ternyata bisa membuat kesehatan arteri semakin membaik dan fungsi sel-sel endotel yang melapisi pembuluh darah arteri juga meningkat. Alhasil, tubuh pun bisa semakin sehat. Joel sendiri menyebutkan jika sauna Waon ini mampu membuat kapasitas gerak badan meningkat, kualitas hidup membaik, dan mental para penderita gagal jantung kronis menjadi semakin kuat.

Dalam penelitian lain yang dilakukan di Jepang dan melibatkan 129 penderita masalah jantung kronis, diketahui bahwa mereka yang rutin menggunakan terapi Waon setidaknya dua kali dalam sepekan akan menurunkan resiko kembali dirawat di rumah sakit atau meninggal dunia hingga 50 persen jika dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan terapi tersebut.

Tak hanya di Jepang, penelitian tentang sauna lainnya juga dilakukan di Finlandia dan hasilnya diterbitkan pada tahun lalu. Dalam penelitian ini, diketahui bahwa penggunaan sauna secara rutin bisa menurunkan resiko kematian karena penyakit jantung hingga 50 persen. Dengan adanya fakta-fakta ini, kita mungkin bisa menikmati sauna ini secara rutin agar bisa membuat pikiran dan tubuh semakin rileks sekaligus mencegah penyakit jantung dengan lebih baik.