Tak Ingin Terkena Kanker Kolorektal? Lakukan Hal Ini

DokterSehat.Com– Salah satu penyakit yang jumlah kasusnya cenderung semakin meningkat adalah kanker kolorektal atau kanker usus besar. Biasanya, penyakit ini dipicu oleh pola makan yang sangat buruk dan kecenderungan semakin buruknya rata-rata berat badan manusia.

doktersehat-kanker-usus-besar-stroke-Kolitis-Iskemik-nyeri-dada-Inkontinensia-Usus

Dilansir dari Health News, Alice Bender dari American Institute of Cancer Research menyarankan setiap orang untuk mengubah pola makan, rutin berolahraga, dan menjaga berat badan tetap ideal demi mencegah kanker kolorektal. Selain itu, pastikan untuk melakukan berbagai tips berikut ini.

  1. Makan serat lebih banyak

Tanpa kita sadari, kita masih kurang mengonsumsi serat dengan cukup setiap hari. Padahal, jika kita menurunkan 10 gram serat yang bisa ditemukan dalam semangkuk kacang, maka kita sudah bisa menurunkan risiko terkena kanker kolorektal hingga 10 persen.

  1. Menurunkan asupan daging merah dan daging olahan

Daging merah dan daging olahan seperti sosis, nugget, bacon, dan hot dog memiliki rasa yang enak. Sayangnya, kerap mengonsumsinya meskipun jumlahnya sedikit sudah cukup untuk meningkatkan risiko kanker kolorektal.

  1. Makan bawang lebih banyak

Kandungan bawang putih ternyata mampu menurunkan risiko terkena kanker kolorektal dengan signifikan sehingga sebaiknya lebih sering dikonsumsi.

  1. Olahraga dengan teratur

Cobalah untuk melakukan olahraga sekitar 30 menit setiap hari. Tak harus pergi ke pusat kebugaran, bersih-bersih rumah atau berlari keliling kompleks rumah sudah cukup untuk menurunkan risiko kanker kolorektal.

  1. Menjaga berat badan

Pastikan untuk menurunkan berat badan hingga ideal, khususnya dalam hal menurunkan lemak dalam perut demi menurunkan risiko kanker kolorektal.

  1. Hindari alkohol

Konsumsi alkohol ternyata ikut berperan dalam meningkatkan risiko terkena kanker kolorektal sehingga sebaiknya kita hindari.

  1. Konsumsi makanan yang bisa mencegah kanker kolorektal
Baca Juga:  Duduk Empat Jam Dalam Sehari Mampu Meningkatkan Risiko Kanker Usus

Beberapa jenis makanan bisa menurunkan risiko kanker kolorektal seperti alpukat, bluberry, kubis merah, anggur, bayam, tomat, kunyit, ikan yang kaya akan lemak omega 3, minyak zaitun, jahe, kayu manis, dan makanan lainnya bisa mencegah datangnya penyakit ini.

Siapa bilang mencegah datangnya kanker kolorektal ini sulit. Mudah untuk dilakukan kan?