Tak Ingin Terkena Asam Urat? Sering-Seringlah Makan Buah Ini

DokterSehat.Com– Salah satu masalah kesehatan yang cukup merepotkan adalah asam urat. Saat masalah ini muncul, penderitanya akan merasa kurang nyaman dan tidak bisa melakukan berbagai aktifitas dengan baik. Beruntung, menurut pakar kesehatan, ada beberapa buah-buahan yang bisa menurunkan risiko kambuhnya asam urat. Apa sajakah buah-buahan tersebut?

Jeruk dan lemon
Buah yang memiliki kombinasi rasa asam dan manis ini bisa kita konsumsi secara langsung atau dijadikan minuman. Kandungan vitamin C di dalam buah ini mampu menurunkan kadar asam urat di dalam darah dengan cara melarutkan kristal asam urat tersebut dari persendian. Hal ini tentu akan menurunkan risiko kambuhnya asam urat dengan signifikan.

Apel
Buah yang dikenal memiliki banyak sekali nutrisi yang baik bagi kesehatan ini bisa kita olah menjadi jus apel yang memiliki rasa yang segar. Untuk membuatnya, kita hanya perlu mengupas tiga buah apel. Setelah dipotong kecil-kecil, kita bisa menambahkan satu liter air dan merebusnya hingga 30 menit. Jus apel yang sudah matang ini bisa kita konsumsi setiap hari demi mencegah kambuhnya asam urat.

Stroberi
Stroberi juga kaya akan kandungan vitamin C yang bisa melarutkan asam urat dalam darah. Selain itu, kita juga bisa menurunkan racun di dalam ginjal dengan signifikan. Kita bisa memakan stroberi secara langsung atau menjadikannya jus yang menyegarkan.

Ceri
Buah ceri dikenal luas mampu menurunkan kadar kolesterol dan asam urat dengan efektif. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kita hanya perlu mengkonsumsinya sebanyak 10 buah setiap harinya. Hanya saja, harga dari buah ini cukup mahal dan tidak mudah ditemukan di penjual buah tradisional.

Tak perlu harus mengkonsumsi semua buah tersebut. Kita bisa memilih salah satu buah yang dianggap cocok secara rutin agar terbebas dari masalah asam urat.