Tak Ingin Stress Saat Kerja? Lakukan Hal Ini Saat Berangkat

DokterSehat.Com– Pekerjaan yang sangat sibuk, apalagi dengan deadline yang ketat memang bisa menyebabkan stress. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika stress bisa berimbas buruk bagi kesehatan tubuh. Lantas, apakah ada cara yang bisa kita lakukan agar tidak mudah terkena stress gara-gara pekerjaan?

doktersehat-stres-kerja

Pakar kesehatan dari Concordia’s John Molson School of Business bernama Stephane Brutus, Roshan Javadian, serta Alexandra Panaccio melakukan penelitian yang menunjukkan efek berangkat atau pulang kerja dengan bersepeda, memakai kendaraan bermotor pribadi, serta menaiki kendaraan umum pada stress dan suasana hati. Hasilnya adalah, bersepeda bisa memberikan pengaruh paling positif bagi pikiran kita.

Dalam penelitian yang hasilnya kemudian dipublikasikan dalam jurnal berjudul International Journal of Workplace Health Management, diketahui bahwa bersepeda saat berangkat kerja bisa membuat hari seseorang lebih menyenangkan, sekaligus menurunkan tingkat stress hingga lebih rendah jika dibandingkan dengan mereka yang menggunakan mobil. Hanya saja, perbedaan penggunaan alat transportasi ini ternyata tidak begitu berpengaruh pada suasana hati atau mood.

Brutus menyebutkan bahwa tak hanya baik dalam mencegah datangnya stress di tempat kerja, bersepeda saat berangkat dan pulang kerja bisa berimbas pada tubuh yang jauh lebih bugar, sirkulasi darah yang lebih lancar, dan kesehatan jantung yang lebih baik. Hal ini berarti, hal ini bisa memberikan efek positif baik itu bagi kesehatan psikis maupun fisik.

Melihat adanya manfaat ini, apakah anda berniat untuk menerapkan gaya hidup bike to work?