Tak Ingin Rambut Rusak Saat Berenang di Laut? Lakukan Hal Ini

DokterSehat.Com – Bermain-main dengan pasir putih atau menikmati deburan ombak air laut adalah salah satu pilihan yang sangat asyik untuk menghabiskan waktu libur panjang ini. Selain bisa menghilangkan kepenatan pikiran, berlibur di pantai akan sangat baik bagi kesegaran kulit kita. Sayangnya, pakar kesehatan menyebutkan jika andai kita berenang di laut, rambut kita akan mudah kusut, kering, dan juga rapuh. Apakah ada yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir kerusakan rambut ini saat berenang di laut?

doktersehat-kesehatan-rambut-bercabang

Membasahi rambut sebelum berenang di laut
Banyak orang yanghanya membasahi rambutnya setelah berenang di pantai. Padahal, ada baiknya kita juga melakukannya sebelum berenang. Dengan membahasi rambut dengan air bersih yang dingin, pori-pori kulit kepala akan cenderung menutup dan hal ini akan melindunginya dari penetrasi kandungan garam dari air laut yang kurang baik bagi rambut.

Menggunakan minyak kelapa atau jojoba
Dengan melapisi rambut menggunakan minyak kelapa atau jojoba, kita juga akan memberikan perlindungan lebih baik bagi rambut saat berenang di lautan.

Menggunakan conditioner setelah berenang
Usai berenang, ada baiknya kita tidak hanya menggunakan air bersih dan shampoo saja. Memang, shampoo akan sangat baik untuk mempertahankan warna rambut yang bisa saja mengalami kerusakan karena terkena air laut. Namun, dengan juga menggunakan conditioner setelah berkeramas, rambut akan menjadi lebih lembab dan kita pun akan memperbaiki ujung rambut yang rapuh.

Menggunakan sisir bergerigi lebar
Setelah mencuci rambut dan membilasnya dengan air bersih, kita sebaiknya menghindari penggunaan sisir dengan gerigi yang cenderung rapat. Hal ini ternyata mampu memicu kerusakan pada rambut, khususnya yang sedang dalam kondisi yang kering. Gunakanlah sisir dengan gerigi yang lebih lebar sehingga rambut kita bisa rapi namun tidak akan mengalami kerusakan.