Tak Ingin Pikun, Rajin-Rajinlah Mandi Sauna

DokterSehat.Com – Aktifitas mandi sauna sudah lama dikenal dalam dunia kesehatan sebagai salah satu terapi yang bisa menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Namun, hasil penelitian yang dilakukan di negeri asal terapi ini, Finlandia, baru-baru ini menunjukkan fakta menarik dimana sauna ternyata bisa memberikan kebaikan bagi kesehatan otak. Seperti apakah manfaat mandi sauna bagi otak tersebut?

doktersehat-sauna

Pakar kesehatan yang berasal dari University of Eastern Finland melakukan penelitian yang menghasilkan fakta bahwa andai pria cenderung kerap melakukan mandi sauna, maka Ia akan menurunkan resiko terkena masalah daya ingat di usia tua atau yang kerap kita sebut sebagai pikun dengan signifikan. Andai pria melakukannya sebanyak 4 atau 7 kali dalam seminggu, penurunan resiko terkena pikun ini bahkan bisa mencapai 66 persen.

Penelitian ini sendiri dilakukan dengan melibatkan dua ribu partisipan yang memang memiliki hobi mandi sauna. Para partisipan ini dibagi dalam beberapa kelompok dimana ada kelompok yang mandi sauna dengan frekuensi sekali sepekan, empat kali sepekan, hingga tujuh kali dalam sepekan. Setelah diamati riwayat kesehatannya selama 20 tahun, barulah didapatkan kesimpulan bahwa mereka yang rutin melakukan mandi sauna, yakni sekitar 4 hingga 7 kali dalam seminggu, memiliki resiko penurunan fungsi otak yang sangat rendah. Selain itu, resiko terkena demensia akan menurun hingga 66 persen dan resiko terkena Alzheimer juga akan menurun 65 persen.

Penelitian lain yang juga membahas manfaat sauna juga dipublikasikan dalam Kuopio Ischaemic Heart Disease Risk Factor Study, menyebutkan jika mandi sauna secara rutin akan membuat kita semakin baik dalam menjaga kesehatan organ kardiovaskular sehingga menurunkan resiko terkena kematian mendadak yang disebabkan oleh serangan jantung. Menurut professor Jari Laukkanen, sensasi relaksasi yang didapatkan dari melakukan mandi sauna diyakini berperan besar bagi kesehatan organ kardiovaskular dan otak.