Tak Ingin Olahraga Menjadi Percuma? Jangan Lakukan Hal-Hal Berikut Setelahnya

DokterSehat.Com – Banyak orang yang berpikir jika asalkan mereka rutin melakukan olahraga, maka mereka pasti akan mendapatkan tubuh yang sehat. Padahal, dalam realitanya, olahraga juga harus diimbangi dengan pola hidup sehat lainnya demi mewujudkan tubuh yang sehat, bugar, dan tidak mudah jatuh sakit. Sayangnya, masih banyak orang yang menyepelekan kegiatan setelah berolahraga sehingga pada akhirnya olahraganya menjadi percuma dan tubuhnya pun kurang sehat. Sebenarnya, apa sajakah hal-hal yang sebaiknya tidak kita lakukan setelah berolahraga?

doktersehat-minum-air-putih-olahrag

Tidak melakukan peregangan setelah berolahraga
Peregangan tidak hanya dilakukan sebelum berolahraga namun juga setelahnya. Andai kita tidak melakukan peregangan ini hingga satu jam setelah berolahraga, maka tubuh pun akan mudah terkena cedera. Lakukan peregangan setelah berolahraga meskipun hanya 10 detik lamanya demi menghindari hal ini.

Tidak mencukupi kebutuhan air putih
Saat berolahraga, tubuh kehilangan banyak cairan tubuh dan elektrolit yang sebenarnya sangat dibutuhkan untuk pemulihan alami tubuh. Sayangnya, banyak dari kita yang hanya meminum air putih sekadarnya dan langsung sibuk dengan berbagai rutinitas. Hal ini tentu akan membuat tubuh tidak mendapatkan pemulihan diri yang maksimal.

Langsung makan makanan yang kaya lemak
Banyak orang yang langsung melakukan “balas dendam” setelah berolahraga dengan mengkonsumsi makanan kaya lemak dan enak layaknya gulai atau bakso yang kerap tersedia dekat dengan tempat berolahraga. Padahal, makanan berlemak ini bisa mengganggu proses pencernaan dan membuat olahraga menjadi percuma. Ada baiknya kita tetap mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat agar kita lebih baik dalam menjaga kesehatan dan berat badan tubuh kita.

Kurang tidur
Banyak orang yang rutin berolahraga namun tetap tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup sehingga kondisi tubuhnya pun tidak benar-benar sehat dan bugar. Hal ini tentu bisa membuat kita tidak mendapatkan manfaat dari berolahraga.