Tak Ingin Ngantuk Saat Kerja di Kantor? Lakukan Hal Ini

DokterSehat.Com – Pekerjaan di kantor sedang banyak-banyaknya dan deadline sudah mepet namun kita justru merasakan ngantuk luar biasa? Hal ini tentu akan membuat kita mengalami dilema. Di satu sisi, kita tentu ingin segera menghilangkan rasa kantuk tersebut dengan cara tidur sejenak, namun, di sisi lainnya kita juga khawatir dan tidak ingin kehilangan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan cepat. Sebenarnya, apa sajakah penyebab datangnya rasa kantuk saat bekerja di kantor?

doktersehat-mata-kerja-lelah

Makan siang terlalu banyak
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa penyebab paling sering dari munculnya rasa kantuk saat berada di kantor adalah makan siang yang terlalu banyak. Jika kita melakukannya, maka tubuh akan memproduksi hormon insulin dalam jumlah yang banyak dan akhirnya membuat gula memasuki sel-sel tubuh. Hal ini juga akan membuat produksi hormon serotonin dan melatonin meningkat dan akhirnya membuat kita mengantuk. Karena alasan inilah ada baiknya kita tidak mengkonsumsi makan siang dengan berlebihan.

Kondisi duduk terlalu lama
Duduk dalam waktu yang sangat lama ternyata bisa membuat otot menjadi semakin kaku dan pegal-pegal. Tak hanya itu, posisi yang sama dalam waktu yang lama ini juga bisa membuat kita mengantuk. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk kerap mengubah posisi atau setidaknya menyempatkan diri untuk berdiri, melakukan peregangan, berjalan kaki ke toilet atau mengambil minuman, hingga melihat suasana di luar kantor untuk menghirup udara segar. Hal ini ternyata bisa membantu kita mencegah datangnya rasa kantuk saat bekerja.

Malas berolahraga
Dengan berolahraga, kita bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga sirkulasi aliran darah. Jika kita tidak melakukannya, maka tubuh pun akan cenderung mudah lemas dan mengantuk. Jika hal ini dikombinasikan dengan buruknya waktu beristirahat di malam hari, maka rasa kantuk saat bekerja di kantor pun akan mudah muncul.