4 Makanan yang Perlu Dikonsumsi Agar Tak Diganggu Nyamuk

doktersehat-malaria-nyamuk-anopheles-plasmodium-chikungunya

DokterSehat.Com– Lagi enak-enak tidur, terus terbangun karena diganggu nyamuk. Pernah mengalami seperti itu? Pasti kesal juga, ya.

Memang, salah satu serangga yang paling mengganggu adalah nyamuk. Tak hanya menyebabkan bentol dan gatal-gatal di kulit, gigitan nyamuk juga bisa membawa bibit penyakit.

Beberapa jenis penyakit yang bisa disebabkan oleh nyamuk adalah demam berdarah, chikungunya, malaria, atau bahkan virus zika yang sempat menggemparkan dunia pada 2016 lalu.

Kita tahu, penggunaan obat nyamuk yang berbahan kimia berbahaya bisa memicu masalah bagi kesehatan tubuh. Solusi lain yang lebih aman, kita bisa mengonsumsi beberapa makanan yang membuat nyamuk tidak ingin dekat-dekat dengan kita. Apa sajakah itu?

1. Bawang
Salah satu bumbu dapur yang sering kita konsumsi adalah bawang merah dan bawang putih. Mungkin belum banyak yang tahu, bawang mengandung senyawa allicin yang bisa menyebabkan bau badan. Namun, iniĀ  tidak disukai nyamuk. Oh ya, daun bawang juga bisa memberikan efek yang sama sepertiĀ  kedua jenis bawang ini.

2. Cabai dan paprika
Cabai dan paprika mengandung senyawa capsaicin yang bisa membuat kita mengalami sensasi pedas dan panas. Nah, yang tidak diduga adalah senyawa capsaicin ini ternyata juga sangat dibenci oleh nyamuk.

3. Tomat dan kacang
Tomat kerap dikonsumsi sebagai bahan campuran sayur, dijadikan jus, atau dikonsumsi secara langsung. Sementara, kacang dikonsumsi sebagai camilan, dijadikan campuran saus, atau dijadikan selai. Kedua bahan makanan ini mengandung senyawa tiamin yang juga sangat tidak disukai nyamuk.

4. Serai
Sudah menjadi rahasia umum bahwa serai adalah tanaman yang paling tidak disukai nyamuk. Serai bisa kita tanam di halaman rumah. Selain itu, kita bisa mengonsumsi serai sebagai teh agar tubuh tidak mudah digigit nyamuk. Kenapa demikian? Karena kandungan di dalam serai yang bernama citronella ketika diproses tubuh akan menjadi aroma yang sangat dibenci nyamuk.

Nah, semoga Anda kembali bisa tidur nyenyak setelah menerapkan tips tersebut.