Tak Harus Minum Air Hingga Kembung, Obat Cegukan Paling Efektif Ternyata Ada di Pantat Kita, Lho!

DokterSehat.Com– Apa yang akan pertama kamu lakukan jika mengalami cegukan? Biasanya, kita akan segera mencari air putih dan meminumnya dalam jumlah banyak. Jika tidak ada air putih, maka kita akan menarik nafas dalam-dalam. Meskipun belum ada penelitian yang membuktikan keampuhan dua teknik mengatasi cegukan, cara ini terkadang berhasil mengatasinya. Sayangnya, meskipun kita sudah minum hingga perut kembung, kadangkala tetap saja cegukan ini tak kunjung mereda.



Pakar kesehatan Mitchel Moffit dan Greg Brown yang menulis buku berjudul Asap Science menyebut cegukan sebagai kondisi yang berkaitan dengan diafragma, otot yang berada di bawah tulang rusuk dan berperan besar bagi kelancaran proses pernafasan. Diafragma ini mengalami kontraksi dan akhirnya menutup pita suara sehingga menyebabkan cegukan.

Saat kita menarik nafas, diafragma akan meregang sehingga membuat paru-paru memiliki ruang yang lebih luas untuk menampung udara. Setelahnya, diafragma akan kembali ke posisi rileks dan membuat ukuran paru-paru menyusut karena menghembuskan udara. Sayangnya, kadangkala proses ini tidak berjalan dengan semestinya dan menyebabkan cegukan.

Ada banyak sekali penyebab cegukan layaknya mengkonsumsi minuman berkarbonasi, mengkonsumsi makanan pedas dan berlemak, dan lain sebagainya. Untungnya, cegukan tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Yang menarik adalah, cara paling efektif untuk mengatasi cegukan ternyata bukan minum air putih atau menarik nafas dalam-dalam. Menurut pakar kesehatan, jika kita memijat bagian pantat selama 30 detik dengan cara meletakkan jari kita pada dubur, maka hal ini akan merangsang saraf yang berperan dalam menyebabkan cegukan sehingga bisa membuat cara kerja diafragma kembali normal.

Jadi, jika perut anda sudah kembung karena banyak minum air namun cegukan tak kunjung mereda, lakukan saja teknik pemijatan di pantat ini untuk mengatasinya.