Tak Harus Diet, Gaya Hidup Sehat Ini Bisa Membuat Kita Mendapatkan Berat Badan Ideal

doktersehat-diet-olahraga-metabolisme-tubuh

DokterSehat.Com– Setiap orang tentu mendambakan berat badan yang ideal. Tak hanya membuat penampilan tubuh menjadi lebih menarik sehingga mendongkrak rasa percaya diri, berat badan yang ideal juga akan membuat kondisi tubuh lebih sehat dan tidak mudah jatuh sakit. Sayangnya, tidak semua orang memiliki berat badan yang ideal. Cukup banyak orang yang bahkan sampai rela melakukan diet ketat demi mendapatkan berat badan yang diimpi-impikan.

Kementerian Kesehatan melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) menyarankan setiap orang untuk menjaga berat badannya tetap ideal karena akan mencegah datangnya berbagai macam penyakit. Tak harus dengan melakukan diet ketat, mendapatkan berat badan ideal juga bisa dilakukan dengan cara menerapkan berbagai gaya hidup sehat seperti sebagai berikut.

Sempatkan untuk berolahraga
Asalkan kita mau menata waktu tidur dengan lebih baik, maka kita bisa bangun lebih pagi dan memberi kesempatan bagi tubuh untuk melakukan olahraga. Tak perlu melakukan olahraga yang sulit, berjalan kaki atau jogging sudah cukup untuk menjaga berat badan tetap ideal. Jika perlu, kita juga bisa berjalan kaki yang dilanjutkan dengan memakai transportasi umum atau bersepeda menuju tempat kerja agar bisa mendapatkan manfaat kesehatan yang lebih maksimal.

Pola makan yang sehat
Salah satu penyebab berat badan yang berlebihan adalah kebiasaan makan dengan berlebihan. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada baiknya kita hanya mengkonsumsi makanan tidak lebih besar dari ukuran telapak tangan kita. Jumlah makanan ini dianggap cukup untuk memenuhi kebutuhan harian kita namun akan menjaga berat badan tetap ideal.

Selain jumlah makanan, ada baiknya kita memperhatikan apa saja yang kita makan. Pastikan untuk tidak meninggalkan sayuran dan buah yang kaya serat dan mampu mendukung sistem metabolisme tubuh dalam mengendalikan berat badan. Tak hanya itu, makanlah dengan lebih tenang. Dengan mengunyah makanan lebih lama, maka tubuh akan memiliki kesempatan untuk memproses makanan dengan baik. Hal ini akan membuat kita lebih cepat kenyang dan terhindar dari makan dengan berlebihan.

Cukup tidur
Mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap malamnya akan mendukung kinerja sistem metabolisme tubuh dalam menjaga berat badan tetap ideal.

Lebih banyak berjalan kaki
Salah satu hal yang menyebabkan masyarakat Indonesia sulit menjaga berat badan tetap ideal adalah kebiasaan kurang gerak. Tak hanya duduk seharian di kantor, banyak orang yang memilih untuk memakai sepeda motor untuk mencapai tempat-tempat yang berjarak dekat. Cobalah untuk tidak lagi memakai sepeda motor dan memilih untuk berjalan kaki untuk mencapai tempat-tempat yang dekat agar bisa membantu menjaga berat badan tetap ideal.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik