Tak Hanya Zika, Ada Berbagai Masalah Kesehatan Lainnya yang Mengancam Olimpiade Rio 2016

DokterSehat.Com – Masalah virus zika terus menjadi perhatian banyak pakar kesehatan di seluruh dunia, apalagi dengan semakin dekatnya hari upacara pembukaan Olimpiade di Rio de Janeiro, Sabtu 6 Agustus 2016 Nanti. Sebagaimana diketahui, Brasil adalah salah satu negara dimana virus zika mewabah dengan luas. Padahal, diperkirakan akan ada lebih dari 500 ribu orang yang akan datang dari berbagai penjuru dunia untuk menikmati ajang olahraga musim panas empat tahunan ini sehingga resiko semakin menyebarnya virus zika pun meningkat drastis.

doktersehat-rio-de-janeiro-virus-zika-pantai-laut-kotor

Tak hanya virus zika, pakar kesehatan ternyata juga mengingatkan adanya resiko kesehatan lainnya yang tak kalah berbahaya. Pakar kesehatan dari Tulane Unviersity, New Orleans, Amerika Serikat, bernama dr. Nicholas van Sickels, menyebutkan jika wanita hamil adalah mereka yang sangat tidak disarankan untuk mengunjungi Rio mengingat resiko terkena infeksi virus zika melalui gigitan nyamuk sangatlah besar. Tak hanya itu, nyamuk-nyamuk ini juga bisa menyebarkan penyakit chikungunya yang bisa membuat seseorang mengalami masalah persendian.

Pakar kesehatan lain, dr. Martin Cetron, menyebutkan jika hingga saat ini, Pemerintah Brasil dan Komite Olimpiade juga belum menjamin kebersihan dan keamanan dari makanan dan minuman yang tersedia di Rio de Janeiro. Sebagai contoh, belum ada jaminan bahwa buah-buahan hingga sayuran yang banyak dijual di kota ini sudah dicuci dengan bersih, makanan pinggir jalan juga belum tentu telah dimasak hingga matang, hingga belum terjaminnya kesterilan air minum.

Tak hanya soal makanan dan nyamuk, belakangan diketahui jika pantai dan lautan di Rio dan sekitarnya telah terkontaminasi oleh limbah dan beberapa macam bakteri yang berbahaya. Padahal, daya tarik dari kota ini adalah wisata laut dan pantainya. Para wisatawan diharapkan sebisa mungkin tidak menelan air laut karena bisa terkontaminasi banyak penyakit.

Baca Juga:  Bahaya Makanan Manis Bagi Tubuh

Meskipun telah banyak anjuran agar Olimpiade Rio dipindahkan atau ditunda karena resiko kesehatan ini, toh upacara pembukaan telah dipersiapkan dan ajang olahraga empat tahunan ini siap digelar. Wisatawan pun diharapkan lebih baik dalam menjaga kesehatannya agar bisa pulang tanpa adanya masalah kesehatan yang berbahaya.