Tak Hanya Wortel, Makanan Ini Juga Bisa Membuat Mata Lebih Sehat

DokterSehat.Com– Jika kita berpikir tentang makanan yang bisa membuat mata lebih sehat, maka hal pertama yang akan terpikirkan tentu adalah wortel. Dalam realitanya, wortel memang kaya akan kandungan beta karoten, semacam vitamin A yang mampu menjaga kesehatan dan fungsi retina dengan baik. Hanya saja, tidak semua orang suka dengan wortel. Jika hal ini terjadi, apakah berarti mereka akan kesulitan untuk menjaga kesehatan matanya?

doktersehat-minyak-kemiri-eyebrow-tebal-alis-mata-alergi

Pakar kesehatan menyebutkan jika ada cukup banyak makanan lainnya yang bisa membantu menjaga kesehatan mata selain wortel. Hal ini berarti, kita memiliki pilihan untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang kita sukai demi membuat mata kita tetap sehat. Apa sajakah makanan-makanan tersebut?

Telur
Tak disangka, makanan yang dikenal luas sebagai salah satu lauk yang paling nikmat untuk dikonsumsi saat sarapan ini ternyata juga bisa membantu menjaga kesehatan mata. Paul Dougherty, salah seorang pakar kesehatan mata dari Los Angeles, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa di dalam kuning telur, kita bisa menemukan nutrisi sehat seperti lutein, zeaxanthin, hingga zinc yang ternyata bisa menurunkan resiko masalah degenerasi macula, salah satu masalah penurunan penglihatan yang disebabkan oleh kerusakan pada bagian tengah retina atau macula.

Sayuran hijau
Tak hanya wortel, sayuran lainnya yang berwarna hijau ternyata kaya akan lutein dan zeaxanthin, semacam antioksidan yang mampu menurunkan resiko terkena katarak.

Jeruk dan buah berry
Jeruk dan berry ternyata kaya akan vitamin C. Tak hanya memperkuat sistem kekebalan tubuh, vitamin C ternyata bisa menurunkan resiko terkena katarak dan degenerasi macula.

Kacang almond
Kacang yang memiliki rasa yang sangat enak ini ternyata kaya akan vitamin E yang bisa memperlambat perkembangan degenerasi macula. Sebuah penelitian bahkan menyebutkan bahwa mengkonsumsi segenggam kacang almond sudah cukup untuk mencukupi kebutuhan vitamin E setiap hari.