Tak Hanya Tempat Sampah, Benda yang Ada di Dapur Ini Juga Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang berpikir jika benda yang kotor dan bisa berbahaya bagi kesehatan dapur hanyakah sampah saja. Padahal, dalam realitanya ada beberapa benda lain yang bisa menjadi sarang bakteri jahat di dapur. Apa sajakah benda tersebut?

doktersehat-dapur-bersih-bakteri

Spons cuci piring
Cukup banyak orang yang memakai spons pencuci piring ini cukup lama dan tidak segera menggantinya hingga spons ini rusak atau berubah warna menjadi lebih gelap. Padahal, spons ini bisa menjadi tempat bakteri berkembang biak mengingat sisa makanan bisa tertinggal pada spons tersebut. Tak hanya itu, spons cuci piring yang cenderung lembab juga menjadi tempat yang ideal bagi bakteri penyebab penyakit seperti e.Coli atau salmonella. Jika kita membersihkan piring atau peralatan makan lainnya dengan spons ini, maka peralatan makan tersebut tentu sudah terpapar bakteri dan bisa menyebabkan datangnya penyakit, bukan?

Pakar kesehatan menyarankan kita mengganti spons pencuci piring setidaknya sekali dalam sebulan demi menurunkan paparan bakteri berbahaya tersebut.

Pisau serta talenan
Banyak orang yang memakai pisau dan talenan yang sama saat kita memotong daging atau sayuran. Bahkan, cukup banyak orang yang langsung dengan enteng memotong kedua bahan makanan ini di waktu yang bersamaan. Hal ini tentu bisa membuat bakteri yang ada dalam daging mentah berpindah pada sayuran yang kita konsumsi.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk kerap mencuci pisau dan talenan sebelum dipakai untuk memotong sayuran dan daging atau membedakan pisau dan talenan untuk kedua jenis bahan makanan tersebut demi menghindari kontaminasi silang bakteri.