Tak Hanya Rokok, Makanan yang Kerap Kita Konsumsi Ini Ternyata Mengandung Nikotin, Lho!

DokterSehat.Com– Sudah menjadi rahasia umum jika nikotin yang bisa ditemukan di dalam rokok menyimpan bahaya yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Kandungan nikotin ini ditemukan di dalam tembakau, bahan utama dari rokok. Di dalam 100 gram tembakau, 0,5 hingga 3,5 persennya adalah nikotin. Yang tidak diduga adalah, beberapa makanan yang biasa kita konsumsi ternyata juga memiliki kandungan nikotin lho. Berikut adalah diantaranya.

Kembang kol
Makanan yang kerap dijadikan bahan campuran capcay, sop, atau sayuran pendamping daging steak ini memang memiliki rasa yang enak. Namun, tak disangka, di setiap kembang kol terdapat 3,8 gram nikotin.

Terong
Terong yang sangat nikmat untuk dijadikan sambal, sayur, dan lain sebagainya ini ternyata memiliki 10 gram nikotin di dalam setiap kandungannya.

Kentang
Makanan yang kerap dijadikan sumber karbohidrat yang dikonsumsi saat diet ini ternyata juga memiliki kandungan nikotin. Di dalam sebuh penelitian, kentang berjenis “pulp” ternyata memiliki kandungan 15,3 gram nikotin di setiap butirnya. Bahkan, di dalam kulit kentangnya saja kita sudah bisa menemukan 4,8 gram nikotin.

Tomat
Kerap dianggap sebagai makanan sehat, tomat yang kerap dijadikan jus atau campuran sayuran ini memiliki kandungan nikotin yang cukup tinggi, tepatnya 42,8 gram nikotin di setiap butirnya. Hanya saja, semakin matang tomat, semakin menurun jumlah nikotinnya, yakni sekitar 4,1 gram saja.

Meskipun memiliki nikotin, pakar kesehatan menyebutkan bahwa kandungan ini tidak akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh sehingga kita tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi makanan-makanan sehat tersebut.