Tak Hanya Perut Mulas, Ini Dampak Lain Jika Kita Berlebihan Makan Pedas

DokterSehat.Com– Bagi masyarakat tanah air, makanan yang pedas memang bisa menjadi hal yang sangat menggoda. Banyak orang yang bahkan bisa menambah porsi makannya saat mengkonsumsi makanan pedas karena adanya sensasi rasa yang mantap. Sayangnya, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada dampak kesehatan yang bisa kita dapatkan andai mengkonsumsi makanan dengan bahan cabai secara berlebihan. Apa sajakah dampak kesehatan tersebut?

doktersehat-cabai-cabe

Perut mulas
Dampak pertama yang kerap didapatkan andai mengkonsumsi makanan pedas adalah perut yang terasa mulas dan tidak nyaman. Sebagian orang juga mengalami masalah asam lambung naik akibat dari hal ini. Jika kita mulai merasakan efek ini, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengkonsumsi yoghurt yang bisa menenangkan perut.

Gangguan pencernaan
Mengkonsumsi makanan pedas dengan berlebihan bisa menyebabkan iritasi pada usus. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan capsaicin yang memang bisa memberikan sensasi pedas dan panas pada perut kita.

Iritasi pada bibir
Jika kita mengkonsumsi makanan bersama dengan cabai, bibir kita tentu akan terasa pedas dan panas bukan? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa cabai memang memiliki kemampuan dalam mengiritasi kulit pada bibir sehingga sebaiknya kita tidak mengkonsumsinya dengan berlebihan.

Kehilangan kepekaan rasa
Jika kita kerap mengkonsumsi makanan pedas dengan berlebihan, kita bisa mengalami penurunan sensitifitas rasa pada organ pengecap kita. Alhasil, bisa jadi kita tidak lagi bisa menikmati rasa makanan lain dengan maksimal. Karena alasan inilah ada baiknya memang kita tidak sembarangan dalam mengkonsumsi makanan pedas secara berlebihan.