Tak Hanya Nikmat Diminum, Jus Jeruk Ternyata Bisa Dipakai Untuk Mengatasi Ketombe

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan rambut yang cukup menyebalkan adalah ketombe. Tak hanya membuat malu karena serpihan kulit kepala bisa berjatuhan dan mengotori pakaian, ketombe bisa memicu masalah kesehatan lainnya layaknya gatal-gatal, rambut mudah patah, rambut rontok, hingga rambut lepek. Sebelum rambut mengalami masalah yang jauh lebih parah, ada baiknya kita segera mengatasi masalah ketombe ini.

doktersehat-buah-jeruk-peras

Lantas, apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah ketombe ini? Kita memang bisa menggunakan produk perawatan rambut layaknya shampoo atau produk lainnya yang memang diperuntukkan untuk mengatasi ketombe, namun, kadangkala produk perawatan rambut ini tidak cocok dengan kondisi tubuh kita sehingga pada akhirnya justru membuat masalah kesehatan rambut menjadi semakin parah. Karena alasan inilah ada baiknya kita mulai melirik penggunaan bahan alami yang bisa mengatasi ketombe dengan efektif. Salah satu dari bahan tersebut adalah jus jeruk.

Menurut pakar kesehatan, jeruk buah ataupun jeruk nipis ternyata bisa mengatasi masalah ketombe secara efektif. Mengingat buah jeruk ini sangat mudah ditemukan, kita hanya perlu menggunakan jeruk yang biasa kita konsumsi sebagai asupan bergizi setiap hari. Siapkan satu buah jeruk dan kemudian kita peras airnya. Air perasan buah jeruk ini kemudian tinggal kita campurkan dengan dua sendok makan minyak zaitun atau minyak kelapa. Setelah tercampur, kita tinggal mengoleskan campuran air perasan jeruk ini hingga merata ke seluruh rambut dan kulit kepala. Jangan lupa untuk memberikan pijatan lembut pada kulit kepala agar membuat nutrisi campuran ini meresap. Setelah didiamkan selama 30 menit, segeralah bilas rambut dengan air bersih dan berkeramaslah seperti biasa.

Jika ingin ketombe segera menghilang, pakar kesehatan menyarankan kita untuk menggunakan campuran air perasan jeruk dan minyak ini setidaknya 3 kali sehari.