Tak Hanya Menyegarkan, Cincau Hitam Juga Menyehatkan Tubuh

DokterSehat.Com– Salah satu minuman yang paling nikmat untuk dikonsumsi saat siang hari yang panas dan gerah adalah es cincau. Terdapat dua jenis cincau yang bisa kita pilih, yakni cincau hijau dan cincau hitam. Tak hanya menyegarkan tubuh, cincau hitam ternyata juga kaya akan berbagai manfaat kesehatan.

doktersehat-cincau-atasi-maag

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa cincau hitam bisa mengatasi masalah panas dalam sekaligus menjaga kesehatan saluran pencernaan. Hal ini disebabkan oleh kandungan cincau yang berupa karbohidrat, kalsium, fosfor, vitamin A, B1 dan C, air, dan mineral. Cincau hitam juga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalani program diet karena rendah kalori dan kaya akan serat.

Tingginya kandungan serat ini juga mampu mengatasi masalah perut kembung, sembelit, diare, dan masalah pencernaan lainnya. Selain itu, kandungan serat larut air di dalam cincau hitam juga disebut-sebut mampu mengikat gula, lemak, hingga kolesterol. Hal ini berarti, mengkonsumsinya bisa menurunkan resiko terkena berbagai penyakit berbahaya layaknya diabetes, penyakit jantung, stroke, dan masalah kardiovaskular lainnya.

Hanya saja, untuk mendapatkan berbagai manfaat kesehatan tersebut, ada baiknya kita tidak menambahkan gula atau pemanis lainnya pada minuman cincau yang kita konsumsi, ada baiknya kita menambahkan potongan buah untuk menambah cita rasanya dan manfaat sehatnya.

Jika anda ragu dengan cincau hitam yang beredar di pasaran, anda juga bisa membuat cincau ini sendiri. Cara untuk membuatnya juga cukup mudah yakni merebus air perasan daun cincau. Biarkan air perasan cincau ini mengeras dan mendingin hingga menjadi agar-agar yang bisa dijadikan campuran minuman atau hidangan penutup.