Tak Hanya Menyebabkan Penyakit, Rokok Juga Akan Memengaruhi Penampilan Fisik

doktersehat-merokok-wanita
Photo Credit: Valentin Ottone

DokterSehat.Com– Jika kita membahas tentang dampak buruk merokok, hal pertama yang akan kita pikirkan tentu saja adalah penyakit-penyakit apa saja yang bisa menyerang kita. Padahal, rokok juga bisa membuat penampilan kita menjadi semakin buruk. Berikut adalah beberapa dampak dari kebiasaan merokok bagi penampilan fisik kita.

Rambut semakin menipis
Banyak orang yang tidak menyadari jika rokok bisa mempengaruhi kesehatan rambut dengan signifikan. Asap rokok yang penuh dengan racun bisa merusak struktur DNA dan folikel rambut. Rusaknya folikel rambut ini akan membuat rambut terlepas dan tidak bisa tumbuh lagi. Rambut pun semakin menipis dan berujung pada kebotakan permanen.

Membuat gigi dan gusi rusak
Untuk dampak yang satu ini, banyak orang yang sudah menyadarinya. Para perokok memang cenderung memiliki gigi dan gusi dengan kondisi yang sangat buruk, yakni kehitaman. Bahkan, dalam banyak kasus, gigi para perokok bisa sampai tanggal. Pakar kesehatan juga menyebutkan bahwa kebiasaan merokok bisa memicu gusi berdarah, mulut kering, dan masalah bau mulut.

Warna bibir semakin gelap
Selain gigi dan gusi, bibir juga akan menjadi semakin menghitam. Hal ini disebabkan oleh semakin menumpuknya nikotin pada bibir yang akan menurunkan kesegaran kulit bibir.

Memicu penuaan dini pada wajah
Merokok akan menurunkan kesehatan kulit dengan signifikan. Hal ini disebabkan oleh kemampuan nikotin dalam menurunkan kadar oksigen dalam darah yang akan membuat kesehatan kulit menurun, menyebabkan kerutan lebih mudah muncul, dan menurunkan keelastisitasan kulit dengan signifikan. Selain itu, area mata juga akan cenderung menjadi semakin gelap.

Menyebabkan psoriasis
Merokok akan menurunkan sistem kekebalan tubuh dengan signifikan sehingga resiko untuk terkena psoriasis juga akan meningkat. Sebagai informasi, psoriasis adalah penyakit autoimun yang membuat penderitanya mengalami masalah kulit menebal atau kulit bersisik.

Melihat adanya dampak buruk ini, masih yakin tidak mau berhenti merokok?

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik