Tak Hanya Menurunkan Berat Badan, Puasa Juga Punya Manfaat ini!

doktersehat-manfaat-puasa
photo credit : pixabay.com

DokterSehat.Com– Dalam hitungan hari, kita akan memasuki bulan suci Ramadan. Pada bulan tersebut, setiap umat muslim diwajibkan untuk berpuasa selama sebulan penuh. Puasa adalah sebuah aktivitas menahan diri dari makan atau minum mulai terbit fajar sampai turunnya matahari. Puasa sendiri terbilang sebagai ibadah yang menyehatkan bagi fisik dan mental seseorang.

Bila dilakukan dengan tepat dan benar, puasa memang memiliki segudang manfaat bagi seseorang. Tidak hanya bisa menurunkan berat badan, faktanya ada begitu banyak manfaat lain yang bisa Anda dapatkan, salah satunya adalah mengusir semua racun di dalam tubuh secara alami. Mengapa demikian?

Dilansir buku yang berjudul The Miracle of Fast, mengatakan bahwa puasa atau menahan untuk tidak makan dan minum selama 14 jam akan membuat seluruh sel dan organ di dalam tubuh semakin sehat. Hal tersebut dikarenakan sel dan organ di dalam tubuh mendapatkan waktu istirahat yang terbilang cukup sehingga terhindar dari kelelahan.

Selama proses istirahat, sel dan jaringan di dalam tubuh akan melakukan detoks atu membersihkan diri dari seluruh zat dan senyawa beracun yang berada di dalam tubuh. Awal puasa memang terkesan sulit, biasanya seseorang akan mengalami lemas, letih, pusing, kantuk, bahkan ada yang sampai jatuh pingsan. Tapi, itu adalah proses tubuh beradaptasi dengan kebiasaan baru. Hal tersebut tidaklah berbahaya, bahkan justru sangat baik sebab pada hari berikutnya tubuh Anda sudah terbiasa dengan kebiasaan baru tersebut.

Namun, kendati tubuh bisa mendetoks diri sendiri, Anda pun harus mendukungnya dengan memberikan asupan makanan sehat seperti buah, sayuran, ikan, dan sebagainya. Usahakanlah mengonsumsi makanan yang kaya protein ketika sahur. Lantas, ketika berbuka puasa disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan serat untuk membantu tubuh dalam proses detoksifikasi.