Tak Hanya Mempercantik Ruangan, Bunga Ternyata Baik Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com– Kita tentu senang melihat bunga yang cantik dan segar. Karena alasan inilah cukup banyak orang yang sengaja menempatkan bunga pada vas atau pot di dalam rumah. Dengan adanya bunga di dalam rumah, maka interior rumah akan terlihat lebih cantik dan segar. Tak hanya itu, pakar kesehatan menyebutkan bahwa keberadaan bunga di dalam rumah ternyata bisa memberikan kebaikan bagi kesehatan jiwa, khususnya dalam mengatasi stress, bad mood, hingga memperbaiki emosi. Berikut adalah beberapa manfaat bunga yang ada di dalam rumah.



Mencegah depresi dan kecemasan
Telah ada beberapa penelitian yang menyebutkan jika melihat bunga segar setiap hari bisa membuat kita mencegah depresi dan kecemasan berlebih dengan lebih baik. Tak hanya itu, beberapa jenis bunga juga disebut-sebut bisa memberikan energi tambahan bagi kita sehingga bisa melakukan berbagai aktifitas harian.

Meningkatkan konsentrasi
Jika kita menempatkan bunga atau tanaman hias di dalam rumah atau area perkantoran, kita bisa mendapatkan manfaat berupa otak yang bisa berkonsentrasi dengan lebih baik. Adanya bunga atau tanaman ini ternyata bisa memberikan pasokan oksigen di dalam ruangan yang tentu akan membuat kita menghirup udara yang lebih berkualitas. Otak yang mendapatkan pasokan oksigen yang cukup tentu akan bisa berpikir dengan lebih baik.

Membantu tidur lebih nyenyak
Menempatkan bunga di tempat tidur ternyata bisa memberikan efek menenangkan sehingga kita pun bisa mendapatkan tidur yang jauh lebih berkualitas.

Membantu penyembuhan penyakit
Jika kita mencemati, banyak kamar-kamar rumah sakit yang menyediakan bunga atau tanaman di dalam ruangan. Selain itu, cukup banyak orang yang mengunjungi pasien rumah sakit dengan membawa buket bunga segar. Tak disangka, bunga yang segar ini bisa membuat pasien merasa lebih bahagia, mendapatkan ketenangan pikiran dan energi positif yang bisa membuat mereka lebih cepat sembuh.