Tak Hanya Membuat Mandul, Ini Dampak Lain Kebiasaan Menyimpan Ponsel di Saku Celana

DokterSehat.Com – Meskipun sudah kerap diwanti-wanti oleh pakar kesehatan untuk tidak menyimpan ponsel di saku celana, dalam realitanya masih banyak pria yang melakukannya, khususnya jika mereka pergi ke luar rumah. Berbeda dengan kebanyakan kaum hawa yang akan menempatkan ponselnya di tas, kaum pria cenderung malas untuk ribet membuka-tutup tas hanya demi mengambil ponselnya sehingga memilih untuk menempatkannya di saku celana. Padahal, ada cukup banyak sekali dampak kesehatan yang didapatkan dari kebiasaan menempatkan ponsel di saku celana seperti sebagai berikut.

doktersehat-gadget-handphone-media-sosial

Kita tentu sudah kerap mendengar kabar yang menyebutkan bahwa kebiasaan menyimpan ponsel di saku celana bisa menurunkan kesuburan pria, bukan? Hal ini ternyata memang benar adanya. Telah banyak penelitian kesehatan yang menemukan fakta dimana radiasi ponsel memang mampu menurunkan jumlah kualitas sekaligus kuantitas sperma. Radiasi ini juga akan membuat stress oksidatif atau bahkan kerusakan pada DNA sperma sehingga menurunkan kemungkinan pria untuk mendapatkan keturunan.

Tak hanya bisa membuat mandul, kebiasaan menyimpan saku celana ternyata juga bisa menyebabkan resiko terkena masalah disfungsi ereksi meningkat dengan signifikan. Bahkan, beberapa penelitian telah membuktikan bahwa kebiasaan menyimpan ponsel di saku, baik itu saku baju ataupun saku celana memang mampu meningkatkan resiko terkena beberapa jenis penyakit kanker.

Pakar kesehatan menyebutkan jika sinyal dari ponsel yang mampu memancarkan gelombang radio dan paparan radiasi non-iozining melalui antenanya mampu memberikan pengaruh buruk bagi tubuh. Hal ini berarti, jika kita menempatkan ponsel dekat-dekat dengan tubuh kita setiap saat, maka kita akan meningkatkan resiko terkena berbagai masalah kesehatan. Tak hanya kebiasaan menyimpan ponsel dekat dengan tubuh, kebiasaan kerap menelepon dalam waktu yang lama juga bisa memicu datangnya berbagai penyakit mengingat tingginya paparan radiasi yang menyentuh tubuh kita.