Tak Hanya Melepas Dahaga, Blewah Ternyata Memiliki Banyak Manfaat Sehat

DokterSehat.Com – Cukup banyak orang yang memilih untuk menikmati es blewah sebagai hidangan berbuka puasa. Tak hanya bisa membuat kita melepas dahaga dan mendapatkan sensasi kesegaran yang luar biasa, pakar kesehatan menyebutkan bahwa blewah ternyata kaya akan berbagai nutrisi yang baik bagi kesehatan. Blewah ternyata kaya akan serat, antioksidan, beta karoten, magnesium, potassium, dan berbagai vitamin layaknya vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Berikut adalah manfaat kesehatan yang bisa didapatkan andai mengkonsumsi buah segar ini.



Menyehatkan saluran pencernaan
Blewah termasuk dalam buah yang kaya akan kandungan air sehingga bisa menghidrasi tubuh dengan baik. Tak hanya itu, blewah ternyata bisa membantu proses detoksifikasi tubuh dan membantu usus mencerna makanan dengan lebih baik. Sebagai contoh, usus akan bisa mencerna zat karbohidrat yang sulit dicerna sehingga akan mencegah masalah Irritable Bowel Syndrome dengan lebih baik.

Baik untuk diet
Pakar kesehatan menyebutkan jika di dalam 100 gram blewah, kita hanya akan menemukan 60 kalori. Karena memiliki kadar kalori yang rendah, kita pun bisa menjadikan buah ini dalam program penurunan berat badan. Mengingat buah ini juga kaya akan berbagai nutrisi baik, maka kita pun akan mencegah masalah kekurangan nutrisi yang banyak terjadi pada mereka yang sedang melakukan program diet. Tak hanya itu, mengkonsumsi buah ini bisa membuat kita menjaga sistem kekebalan tubuh sehingga tidak akan mudah jatuh sakit.

Menjaga kesehatan kulit
Buah-buahan dengan warna oranye, termasuk blewah, ternyata kaya akan kandungan karotenoid yang bisa menurunkan resiko terkena kanker kulit. Tak hanya itu, karetonoid juga bisa menjaga kulit dari paparan sinar matahari yang bisa menyebabkan kerusakan atau tanda-tanda penuaan layaknya garis-garis halus, perubahan warna kulit, hingga keriput. Rutin mengkonsumsi buah ini akan membuat kita awet muda.

Baca Juga:  Kapankah Waktu Terbaik Untuk Makan Buah?

Mencegah kanker
Tingginya kadar antioksidan layaknya beta karoten, lutein, cryptoxanthin, dan zea-xanthin pada blewah akan membuat tubuh lebih terlindungi dari paparan radikal bebas atau kerusakan pada sel-sel. Dengan rutin mengkonsumsi buah ini, maka kita pun akan mencegah kanker dengan lebih baik.