Tak Hanya Ibu Hamil, Orang Dengan Kondisi Kesehatan Berikut Sebaiknya Menghindari Kopi

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan menyebutkan jika ada baiknya ibu hamil menghindari konsumsi kopi. Meskipun belum ada penelitian yang benar-benar memastikan bahaya kopi bagi ibu hamil, pakar kesehatan yakin jika konsumsi kopi dalam jumlah yang besar bisa meningkatkan resiko keguguran hingga kematian janin di dalam kandungan. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-kopi-demensia

Di dalam kopi, kita bisa menemukan kafein yang ternyata bisa mempengaruhi kondisi kesehatan janin secara langsung. Tak disangka, kafein ini ternyata mampu memasuki aliran darah menuju plasenta. Jika hal ini terjadi, maka janin akan mengalami peningkatan katekolamin yang bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah sekaligus membuat janin kekurangan asupan oksigen yang sangat Ia butuhkan. Akibatnya, janin bisa mengalami gangguan pertumbuhan atau bahkan akhirnya meninggal dunia.

Pakar kesehatan dr. Nany Budiman, M.Gizi, Sp.GK, yang berasal dari Ciputra Hospital Citra Garden City di Jakarta menyebutkan jika tak hanya wanita hamil, konsumsi kopi juga sebaiknya dihindari oleh mereka yang memiliki penyakit GERD, migrain atau sakit kepala, gangguan tidur insomnia, atau sakit maag kronis. Kopi diyakini bisa menyebabkan penyakit-penyakit tersebut mudah kambuh dan semakin parah.

Tak hanya membahas bahaya konsumsi kopi bagi ibu hamil dan mereka yang memiliki penyakit tertentu, dr. Nany ternyata juga membahas kebiasaan masyarakat yang mengkonsumsi kopi di waktu yang salah. Menurut beliau, kebanyakan orang mengkonsumsi kopi di pagi hari dengan tujuan menambah semangat sebelum beraktifitas. Padahal, kebiasaan ini bisa menyebabkan kenaikan hormon kortisol, hormon yang membuat kita lebih waspada dan tidak mudah mengantuk, dengan sangat berlebihan. Jika hal ini terus dilakukan, maka tubuh akan secara alami menurunkan hormon kortisol di pagi hari sehingga lama-kelamaan kita justru ketergantungan dengan kopi demi membuat tubuh lebih bugar dan tidak mengantuk. Menurut dr. Nany, waktu terbaik minum kopi adalah diantara waktu sarapan pagi hingga waktu makan siang.