Tak Hanya Harum, Ini Manfaat Sehat Dari Daun Pandan

DokterSehat.Com– Salah satu bahan makanan alami yang cukup sering digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah daun pandan. Daun pandan kerap dijadikan pewarna atau penambah rasa bagi beberapa jenis makanan. Yang tidak disangka adalah, kandungan di dalam daun pandan yang berupa tannin, glikosida, dan alkaloid ternyata bisa memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh seperti sebagai berikut.



Menurunkan kadar gula darah
Penelitian yang diterbitkan hasilnya dalam jurnal berjudul Pharmacognosy Magazine menyebutkan bahwa ekstrak daun pandan mampu menurunkan kadar gula darah postprandial. Tak hanya itu, ekstrak daun pandan juga mampu meningkatkan produksi insulin pada sel pankreas. Hal ini tentu akan membuat kita mencegah datangnya diabetes.

Melawan kanker
Penelitian yang dilakukan tahun 2014 menyebutkan bahwa daun pandan bersifat antimitotic, apoptosis, antiproliferative, dan efek sitotoksik. Berbagai hal ini mampu mencegah atau melawan pertumbuhan kanker.

Menetralkan racun di dalam tubuh
Tak hanya air kelapa hijau, teh yang dibuat dari daun pandan juga bisa dipakai sebagai pertolongan pertama untuk menetralisir racun. Kandungan daun pandan memang bisa mendetoksifikasi racun yang ada pada tubuh, khususnya pada hati. Tak hanya itu, kandungan daun pandan juga bisa dijadikan pencahar ringan yang aman untuk dikonsumsi anak-anak yang mengalami sembelit.

Mengatasi rematik
Air rebusan daun pandan dan minyak kelapa ternyata bisa dipakai sebagai obat gosok pada bagian tubuh yang sedang terkena rematik.

Mengatasi nyeri
Sifat analgetik daun pandan bisa mengatasi rasa nyeri pada kepala, dada, kram perut, atau yang disebabkan oleh arthritis. Untuk mengatasi rasa nyeri pada bagian tubuh tersebut, kita hanya perlu mengkonsumsi teh daun pandan dua kali dalam sehari.

Mengatasi masalah rambut rontok dan ketombe
Daun pandan yang ditumbuk dengan halus dan dicampur dengan air bisa dijadikan masker rambut yang dioleskan pada rambut dan kulit kepala. Dengan kerap memakai masker rambut alami ini, kita pun bisa mengatasi masalah rambut rontok dan ketombe.