Tak Hanya Diare, Daun Jambu Biji Juga Baik Untuk Masalah Rambut Rontok

DokterSehat.Com – Jika kita mendengar khasiat dari daun jambu biji, kita tentu akan teringat pada kemampuannya untuk mengatasi penyakit diare. Padahal, khasiat dari daun jambu biji ternyata lebih banyak dari itu. Pakar kesehatan menyebutkan jika nutrisi yang dikandung oleh daun jambu biji ini mampu membuat rambut kita terjaga kesehatannya. Bahkan, banyak pakar kecantikan yang menyarankan penggunaan daun jambu biji untuk mengatasi masalah rambut rontok. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-rambut-rontok-daun-jambu-biji

Di dalam daun jambu biji ternyata bisa ditemukan kandungan vitamin B2, B3, B5, hingga B6. Kandungan vitamin ini ternyata dikenal luas sebagai nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan rambut, khususnya dalam membuatnya lebih kuat dan terhindar dari masalah kerontokan. Selain itu, nutrisi tersebut mampu membuat rambut menjadi lebih berkilau, lebih lembut, dan terlihat jauh lebih sehat. Hal ini tentu bisa menjadi solusi bagi banyak orang, khususnya kaum hawa yang sudah frustasi dengan kerontokan rambutnya yang sangat parah. Sebagaimana diketahui, rambut adalah mahkota yang bisa mempengaruhi penampilan fisik seseorang.

Lantas, bagaimanakah cara menggunakan daun jambu biji untuk mengatasi masalah rambut rontok? Tak perlu ribet, kita hanya membutuhkan beberapa lembar daun jambu biji dan juga air putih. Daun jambu biji ini kemudian direbus dengan air putih tersebut hingga mendidih dan biasanya warna airnya cenderung lebih keruh. Setelah itu, matikan kompor dan diamkan air hingga mendingin. Air rebusan ini ternyata bisa dipakai sebagai semacam masker rambut yang dioleskan ke seluruh rambut dan kulit kepala hingga merata.

Setelah dioleskan dengan merata, kita bisa memberikan pijatan lembut para kepala dan kemudian diamkan selama 15 hingga 20 menit. Setelah itu, bilaslah rambut hingga bersih dan jika perlu, gunakan minyak kelapa untuk menambah kelembaban rambut. Dengan melakukan hal ini dua kali dalam seminggu secara rutin, niscaya rambut kita akan lebih kuat dan terbebas dari masalah kerontokan.