Tak Hanya Dehidrasi, Kurang Minum Juga Bisa Memicu Ketombe

DokterSehat.Com– Untuk menjaga kesehatan tubuh, ada baiknya kita menjaga asupan air minum dengan baik sehari-hari. Dengan mencukupi kebutuhan air minum, maka tubuh tidak akan mudah terkena masalah dehidrasi sekaligus membuat berbagai sistem yang ada di dalam tubuh kita berjalan dengan baik. Sebagai contoh, proses detoksifikasi tubuh, proses pengangkutan nutrisi ke berbagai bagian tubuh, proses menjaga fungsi sel, dan proses menjaga kesehatan organ-organ tubuh ternyata berkaitan erat dengan kebiasaan minum air putih kita. Jika kita tidak mencukupinya, maka kita pun akan lebih beresiko terkena berbagai masalah kesehatan seperti sebagai berikut.

doktersehat-minum-air-botol

Kelelahan
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa dampak paling terasa andai kita tidak mencukupi kebutuhan air minum adalah tubuh yang mengalami dehidrasi. Tak hanya membuat kita merasa haus, dehidrasi bisa memberikan pengaruh buruk bagi semua sel di dalam tubuh. Karena kadar air dalam darah juga ikut menurun, maka kita pun akan cenderung lebih mudah merasa lelah dan lesu. Tak hanya itu, kurang minum juga bisa membuat kita sulit untuk berpikir atau berkonsentrasi saat bekerja atau melakukan berbagai aktifitas lainnya.

Menyebabkan ketombe
Penyebab utama dari ketombe seringkali adalah produksi minyak berlebih pada rambut, penggunaan shampoo yang tidak tepat, hingga rambut yang kerap berada dalam kondisi kotor. Namun, menurut pakar kesehatan, kebiasaan kurang minum membuat tubuh kekurangan asupan mineral yang akhirnya ikut berimbas pada kulit kepala yang lebih kering dan memicu penumpukan sel kulit mati yang akhirnya menyebabkan ketombe.

Jerawat
Kurang minum akan membuat proses detoksifikasi tubuh menjadi kurang maksimal dan hal ini bisa berimbas pada mudahnya jerawat yang meradang muncul pada wajah.

Kulit keriput
Kurang minum akan membuat tubuh kekurangan cairan dan hal ini bisa berimbas pada kulit yang lebih mudah kering dan berkeriput.