Tak Disangka, Tanaman Ternyata Juga Bisa Terkena Kanker

DokterSehat.Com– Menurut pakar kesehatan, kanker terjadi karena ada sel di dalam tubuh yang mengalami mutasi genetik dan berubah menjadi ganas dan akhirnya terus berkembang dan menyerang berbagai organ di sekitarnya. Sel-sel tubuh yang berubah menjadi kanker ini akhirnya merusak berbagai jaringan dan organ tubuh sehingga dianggap sebagai penyakit yang berbahaya atau bahkan mematikan. Biasanya, kita menemukan kanker pada tubuh manusia dan hewan, namun, apakah kanker juga bisa muncul pada tanaman?



Pakar kesehatan yang merupakan pembawa acara ilmu pengetahun SciShow bernama Hank Green menyebutkan bahwa kanker ternyata juga bisa muncul pada tanaman. Jika kita melihat ada bagian dari batang atau cabang pohon yang mirip layaknya simpul besar yang sangat buruk bentuknya dan cenderung melingkar, maka itu adalah tanda bahwa pohon tersebut sedang terkena kanker.

Lantas, apakah penyebab dari kanker yang muncul pada pohon ini sama dengan yang muncul pada manusia atau hewan? Green menyebutkan bahwa kanker pada tanaman ternyata terjadi karena adanya infeksi atau kerusakan struktural pada tanaman tersebut. Hanya saja, karena tanaman tidak memiliki sistem sirkulasi darah layaknya manusia atau hewan, maka kanker ini cenderung hanya akan muncul di satu bagian pohon saja dan tidak memiliki kemampuan untuk menyebar.

Jika mereka tidak memiliki sirkulasi darah, lantas bagaimana cara tanaman mampu menyebarkan nutrisinya ke seluruh bagian pohon? Tanaman ternyata menggunakan cairan getah untuk memindahkan nutrisi tersebut. Beruntung, getah pada tanaman ternyata tidak memiliki sel sehingga tidak bisa dijadikan sarana bagi kanker menyebar. Tak hanya itu, dinding sel yang ada pada tumbuhan ternyata cenderung sangat kuat karena memang sel pada tanaman dibentuk agar tidak mudah bergerak. Karena alasan inilah sel kanker pada tanaman tidak bisa menyebar atau membelah diri dengan mudah.