Tak Disangka, Minuman Teh Susu Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang suka dengan teh susu. Kombinasi dari kedua minuman sehat ini memang memiliki rasa yang sangat nikmat untuk dikonsumsi. Bahkan, kini kita bisa menemukan sangat banyak varian rasa dari minuman teh susu ini di berbagai kedai yang digemari oleh kawula muda. Sayangnya, dibalik kenikmatan dari minuman teh susu ini, ternyata ada resiko berbahaya yang mengintai jika kita mengkonsumsinya dengan berlebihan.

doktersehat-teh-susu

Meningkatkan resiko terkena batu ginjal
Kita bisa mendapatkan cukup banyak kandungan kalsium dalam susu yang sangat baik bagi kesehatan tulang dan gigi. Sayangnya, kandungan kalsium pada susu ini bisa saling berikatan dengan kandungan di dalam teh yang disebut sebagai senyawa asam oksalat. Jika hal ini terjadi, maka terbentuklah partikel yang bisa meningkatkan resiko terkena batu ginjal.

Menurunkan manfaat sehat dari teh
Sudah menjadi rahasia umum jika teh memiliki banyak sekali manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Sebagai contoh, di dalam teh terdapat kandungan antioksidan yang sangat baik dalam hal memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah datangnya penyakit. Sayangnya, dengan menambahkan susu pada teh, maka manfaat sehat teh ini akan berkurang drastis. Hal ini disebabkan oleh kandungan kasein pada susu yang ternyata menghambat kinerja dari senyawa katekin dan antioksidan.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita mulai menurunkan kebiasaan minum teh susu karena meskipun sangat nikmat, minuman ini ternyata kurang baik bagi kesehatan.