Tak Disangka, Mentimun Ternyata Bisa Mengatasi Kanker

DokterSehat.Com – Mentimun adalah salah satu sayuran yang kerap kita konsumsi setelah mengkonsumsi makanan pedas atau saat dalam kondisi cuaca yang cukup panas. Dalam realitanya, mentimun memang mampu memberikan kesegaran bagi tubuh, khususnya saat kita merasa gerah karena faktor cuaca. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika mentimun adalah sayuran yang kaya akan kandungan buah sehingga andai kita mengkonsumsinya, kita pun bisa mencegah masalah dehidrasi. Tak hanya memberikan efek segar, pakar kesehatan menyebutkan jika mentimun ternyata memiliki manfaat luar biasa lainnya, yakni mampu menyembuhkan kanker. Bagaimana hal ini bisa terjadi?



Dilansir dari laman Boldsky, diketahui bahwa mentimun memberikan sensasi segar sekaligus sedikit rasa pahit di dalamnya. Pakar kesehatan menyebutkan jika adanya rasa pahit dari mentimun ini disebabkan oleh dua hal, yakni adanya senyawa Bi dan Bt yang ternyata bisa berperan sebagai obat. Selain kedua kandungan tersebut, kita juga bisa menemukan kandungan Cucurbitacin di dalam mentimun yang ternyata setelah diteliti, mampu mengatasi berbagai penyakit berbahaya layaknya kanker maupun diabetes. Selain itu, kita juga bisa menemukan kandungan berkhasiat lain dari mentimun, yakni Lignan. Di dalam mentimun, kita bisa menemukan Lignan berjenis Pinoresinol yang akan mampu melawan pertumbuhan sel kanker darah atau leukemia yang dikenal sangat berbahaya.

Pakar kesehatan menyebutkan jika mentimun adalah sayuran yang sangat baik bagi penderita diabetes. Bagaimana tidak, mentimun ternyata kaya akan kandungan alami yang disebut saponin. Saponin ini memiliki kemampuan dalam membuka jaringan dan membantu insulin atau glikogen dalam memasuki sel-sel tubuh sehingga kadar gula dalam darah pun bisa menurun. Selain itu, kandungan saponin ini diyakini mampu melarutkan lemak di dalam jaringan tubuh.