Tak Disangka, Memelihara Anjing Bisa Memberikan Manfaat Luar Biasa Ini

DokterSehat.Com– Anjing telah dianggap sebagai salah satu hewan peliharaan yang sangat patuh pada manusia. Tak hanya bisa membantu menjaga rumah, anjing disebut-sebut bisa menjadi kawan dan teman bermain yang sangat menyenangkan. Telah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa memelihara anjing bisa memberikan manfaat kesehatan, khususnya dalam hal mengatasi stress atau membuat suasana hati menjadi lebih baik. Namun, sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam Journal of Epidemiology and Community Health baru-baru ini berhasil membuktikan manfaat lain dari memelihara anjing.



Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa mereka yang memiliki anjing tanpa disadari mengalami perubahan gaya hidup menjadi lebih aktif. Hal ini disebabkan oleh kebiasaan hewan ini untuk kerap berjalan atau berlari ke luar rumah. Banyak pemilik anjing yang ternyata mengikuti atau menemani kebiasaan anjing untuk berjalan-jalan atau berlarian di luar rumah ini dan pada akhirnya menjadi lebih aktif bergerak.

Andy Jones, peneliti studi ini, menyebutkan bahwa pemilik anjing bisa menjadi sangat aktif dalam bergerak bahkan dalam cuaca yang dingin sekalipun. Menurut beliau, musim salju yang sangat dingin bahkan tidak menghalangi para pemilik anjing ini untuk setidaknya berjalan-jalan sebentar dengan anjingnya untuk bermain-main di luar rumah.

Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa pemilik anjing cenderung bergerak 12 menit lebih banyak jika dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki anjing. Hal ini ternyata bisa berdampak positif bagi kesehatan berupa terjaganya berat badan yang ideal, mengatasi stress, membuat sirkulasi darah lebih lancar, membantu pembuangan racun melalui keringat, sekaligus membuat sistem kekebalan tubuh lebih kuat.

Dengan adanya fakta ini, jika anda memiliki anjing, jangan malas dan sering-seringlah bermain bersamanya di luar rumah agar bisa lebih sehat.