Tak Disangka, Kolang-Kaling Ternyata Baik Bagi kesehatan Tulang dan Sendi

DokterSehat.Com– Kolang-kaling seringkali kita gunakan sebagai bahan campuran minuman yang membuatnya menjadi lebih segar, apalagi jika dikonsumsi di siang hari yang panas. Namun, tahukah anda jika buah yang berasal dari pohon aren ini ternyata juga bisa memberikan manfaat kesehatan, khususnya bagi kesehatan tulang dan sendi?



Kolang-kaling yang cukup mudah ditemui di Asia Tenggara dan Asia Selatan ini biasanya diambil dari buah aren yang masih setengah matang. Dalam kondisi yang tidak terlalu tua atau terlalu muda ini, maka kolang-kaling masih memiliki tekstur yang lunak sehingga mudah untuk diolah dan dikonsumsi.

Di dalam kolang-kaling terdapat nutrisi karbohidrat dengan bentuk galaktomanan. Galaktomanan inilah yang ternyata memiliki sifat anti nyeri dan anti peradangan sehingga bisa mengatasi masalah nyeri sendi. Tak hanya galaktomanan, di dalam kolang-kaling ternyata juga kaya akan kandungan fosfor dan kalsium yang bisa membantu kita menjaga kesehatan gigi, tulang, dan persendian. Sebagai informasi, kandungan kalsium pada 100 gram kolang-kaling adalah sebanyak 91 mg. jumlah ini tidak terlalu jauh dari kandungan kalsium dalam susu murni yang mencapai 125 gram. Karena alasan inilah kolang-kaling kerap disebut sebagai sumber kalsium alternatif bagi mereka yang mengalami masalah alergi pada susu.

Selain kaya akan kandungan kalsium, pakar kesehatan menyebutkan bahwa kolang-kaling ternyata juga kaya akan kandungan serat. Tak hanya membantu kita menjaga kesehatan pencernaan, konsumsi kolang-kaling secara rutin juga diyakini mampu membantu para penderita diabetes untuk menjaga kondisi kesehatannya dan mencegah datangnya masalah komplikasi.

Berbagai penelitian memang masih mempelajari berbagai manfaat dari kolang-kaling. Namun, menurut pakar kesehatan, jika kita ingin menjaga kesehatan tulang dan sendi, maka ada baiknya kita mulai kerap mengkonsumsi kolang-kaling yang menyegarkan ini.