Tak Disangka, Jahe Ternyata Bisa Menjaga Kecantikan Tubuh

DokterSehat.Com – Jahe adalah salah satu rempah-rempah yang kerap kali dijadikan bumbu makanan atau minuman tertentu. Selain bisa memberikan sensasi rasa unik, jahe juga dianggap sebagai salah satu bahan alami yang bisa membuat tubuh lebih hangat dan mengatasi berbagai masalah kesehatan layaknya pilek. Tak disangka, jahe ternyata juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan kulit dan juga rambut. Dengan mengolahnya menjadi pasta, cairan, atau bahkan bahan masker yang dioleskan pada kulit atau rambut, maka kita pun bisa menjaga kecantikan tubuh dengan lebih baik.

doktersehat-jahe

Mencegah penuaan dini
Pakar kesehatan berkata bahwa di dalam jahe terdapat 40 senyawa antioksidan yang bisa membantu mencegah penuaan dini, khususnya yang berupa garis halus dan juga keriput pada kulit wajah. Antioksidan di dalam jahe ini secara efektif melindungi kulit dari paparan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini sehingga kulit pun bisa terjaga kesehatannya.

Mencegah jerawat
Sifat antiseptik di dalam jahe ternyata bisa membantu mencegah timbulnya jerawat pada wajah. Tak hanya itu, jika kita rutin mengoleksan jahe pada wajah, maka kita akan mengatasi masalah noda hitam dan bekas jerawat yang sangat mengganggu penampilan.

Menjaga kekencangan kulit
Kandungan antioksidan di dalam jahe ternyata bisa membuat kulit kita terjaga kekencangannya. Untuk mendapatkan manfaat ini, kita hanya perlu mengoleskan campuran parutan jahe dan air lemon pada kulit wajah kita secara teratur.

Membuat rambut lebih subur.
Jahe yang sudah dijemur, digiling, dan ditambahkan yoghurt ini ternyata bisa dioleskan pada kulit kepala secara teratur jika ingin membuat rambut menjadi lebih lebat. Tak hanya itu, kita juga bisa memarut jahe dan kemudian dioleskan dengan beberapa tetes air perasan lemon. Campuran parutan jahe dan air lemon ini bisa kita oleskan pada rambut dan kulit kepala untuk mengatasi masalah rambut berminyak.

Baca Juga:  Ternyata Rempah Juga Bisa Mencegah Diabetes

Menghilangkan ketombe
3 sendok bubuk jahe yang dicampurkan dengan 1 sendok minyak zaitun, 2 sendok yoghurt, dan 1 butir telur bisa dijadikan masker alami yang mengatasi ketombe pada rambut dengan efektif.