Tak Disangka, Hal Berikut Ini Bisa Membuat Payudara Terasa Nyeri

DokterSehat.Com– Saat payudara terasa nyeri, cukup banyak wanita yang khawatir jika hal ini adalah tanda akan adanya masalah kesehatan. Pakar kesehatan Michelle Brookhaus RSHom(NA), CCh menyebutkan bahwa payudara terdiri dari jaringan lemak, fibrosa, dan kelenjar getah bening yang bisa saja merasakan nyeri, pembengkakan, atau perubahan ukuran. Rasa nyeri ini bisa terjadi karena beberapa hal seperti sebagai berikut.

doktersehat-menstruasi-payudara-sakit-galaktorea

Menjelang fase menstruasi
Rasa nyeri pada payudara paling sering muncul pada fase menjelang menstruasi. Pada waktu ini, hormon pada tubuh akan mengalami fluktuasi, khususnya pada hormon estrogen yang akan menyebabkan pembesaran ukuran saluran pada payudara. Tak hanya itu, peningkatan hormon progesteron juga bisa memicu pembengkakan pada kelenjar susu dan hal ini bisa menyebabkan rasa nyeri pada payudara. Untuk mencegah rasa nyeri semakin parah, Michelle menyarankan kaum hawa untuk tak mengkonsumsi makanan berlemak, makanan kaya garam, kafein, dan alkohol. Gunakan pula bra yang bisa membuat payudara terasa lebih nyaman.

Salah memilih ukuran payudara
Ukuran bra yang tidak tepat bisa menyebabkan rasa nyeri pada payudara. Jika bra terlalu ketat, memiliki bentuk yang tidak sesuai dengan bentuk payudara, atau bra memiliki kawat yang bisa menekan payudara, maka hal ini akan memicu rasa nyeri pada payudara. Tak hanya itu, bra yang sudah terlalu longgar juga tidak akan menopang payudara dengan baik sehingga bisa membuat payudara terasa tidak nyaman.

Olahraga intensitas tinggi
Terdapat otot pectoral yang berada di bagian bawah payudara. Otot ini bisa tertekan andai kita melakukan olahraga layaknya latihan kardio atau angkat beban dan akhirnya memicu rasa sakit. Pakar kesehatan menyarankan penggunaan sport bra yang bisa menurunkan resiko rasa nyeri pada payudara. Sayangnya, penggunaan sport bra yang tidak tepat atau terlalu kecil juga bisa memicu rasa nyeri tersebut.

Konsumsi obat-obatan tertentu
Obat-obatan berjenis anti depresan ternyata bisa membuat payudara semakin sensitif dan akhirnya memicu rasa nyeri. Sebagian wanita juga mengeluhkan rasa nyeri pada payudaranya setelah mengkonsumsi pil KB.