Tak Disangka, Daun Singkong Ternyata Menyimpan Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com – Salah satu sayuran yang cukup digemari oleh masyarakat tanah air adalah daun singkong. Bagaimana tidak, daun singkong jika disajikan dengan sambal yang pedas dan nasi yang hangat tentu akan terasa sangat nikmat. Tahukah anda jika dibalik rasa lezat dari daun singkong ini, ternyata ada cukup banyak manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan. Apa sajakah manfaat kesehatan tersebut?



Sumber energi
Pakar kesehatan menyebutkan jika daun singkong ternyata bisa menyediakan kita energi sehat yang sangat dibutuhkan untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Di dalam daun singkong, kita bisa menemukan kandungan protein dan juga asam amino esensial yang bisa diolah menjadi energi pada saat dicerna di dalam perut. Protein pada daun singkong juga bisa membantu proses pengubahan karbohidrat menjadi energi dengan efektif.

Mendukung sistem metabolisme tubuh
Di dalam daun singkong, kita bisa menemukan vitamin B yang bisa membantu proses pembentukan sel-sel tubuh dan berbagai enzim yang bisa mendukung proses metabolisme tubuh berjalan lebih lancar.

Tinggi kadar antioksidan
Daun singkong ternyata memiliki kadar antioksidan yang sangat tinggi. Andai kita kerap mengkonsumsinya, maka kita pun akan mendapatkan asupan antioksidan yang membantu tubuh melawan berbagai radikal bebas. Alhasil, kesehatan kulit akan tetap terjaga dan kita pun tidak akan mudah terkena kanker.

Membantu regenerasi sel tubuh
Asam amino esensial pada daun singkong ternyata bisa membantu proses regenerasi sel-sel tubuh. Asam amino esensial ini mampu memperbaiki berbagai sel yang rusak dan membuat fungsinya normal kembali.

Cocok bagi program diet
Daun singkong termasuk dalam bahan makanan yang tinggi serat namun rendah kalori sehingga akan cocok bagi kita yang sedang menjalani program diet. Sayuran ini mampu membuat perut terasa kenyang lebih lama sehingga membuat kita tidak mudah mengkonsumsi camilan secara sembarangan.

Mencegah sembelit
Tingginya kadar serat pada daun singkong akan membuat kita lebih baik dalam mencegah sembelit dan kanker usus.