Tak Disangka, Daun Kelor Ternyata Memiliki Banyak Manfaat Kesehatan

DokterSehat.Com – Anda tentu pernah mendengar peribahasa yang menyebutkan bahwa dunia ini tidak selebar daun kelor, bukan? Tak disangka daun kelor ternyata juga tidak hanya dikenal di dunia budaya dan bahasa saja karena menurut pakar kesehatan, daun kelor ternyata kaya akan berbagai manfaat kesehatan. Hal ini disebabkan oleh tingginya nilai gizi dan antioksidan dari daun ini. Sebenarnya, apa sajakah manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari daun kelor?

doktersehat-kelor-sayuran

Mencegah datangnya diabetes
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa daun kelor ternyata kaya akan kandungan asam klorogenik. Asam ini ternyata mampu membuat kadar gula dalam darah menjadi seimbang sehingga kita pun akan mencegah diabetes dengan jauh lebih baik.

Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh
Di dalam daun kelor, kita juga bisa menemukan kandungan beta sitosterol. Kandungan ini ternyata bisa menghambat perkembangan kadar kolesterol jahat atau LDL dengan baik. Tak hanya itu, beta sitosterol juga memiliki sifat inflamasi. Dengan kadar kolesterol dan peradangan yang lebih bisa dikendalikan, maka kita pun tidak akan mudah terkena penyakit jantung.

Membuat sistem pencernaan lebih sehat
Daun kelor juga kaya akan serat yang jika dikonsumsi tentu akan sangat baik bagi saluran pencernaan. Sebagai informasi, 31 persen dari daun ini ternyata adalah serat. Hal ini akan membuat kita menekan resiko terkena masalah kesehatan layaknya luka pada lambung, gangguan pada hati, hingga kerusakan pada ginjal.

Mencegah kanker
Kandungan air dari daun kelor ternyata bisa diolah menjadi ekstrak khusus yang bisa mencegah kanker paru-paru, kanker payudara, dan kanker kulit. Dengan dosis yang tepat, ekstrak dari daun kelor ini ternyata bisa membunuh 97 persen sel kanker dalam waktu yag cukup singkat.

Mencegah peradangan
Kandungan asam amino esensial, carotenoid phytonutrient, dan juga kandungan anti bakteri dari daun kelor ternyata bisa mencegah datangnya peradangan pada tubuh. Daun kelor juga kaya akan asam lemak omega 3 yang bisa mencegah alergi.